September 23, 2021

Peringati Dies Natalies Ke 40, Fakultas Pertanian Untad Gelar Webinar Nasional

Peringati Dies Natalies Ke 40, Fakultas Pertanian Untad Gelar Webinar Nasional

Dalam rangka memperingati Dies Natalies ke 40, Fakultas Pertanian Universitas Tadulako selama 2 hari (25 – 26 Agustus 2021) menggelar Webinar Nasional dengan mengangkat tema “Bersinergi dan Berinovasi untuk Pertanian Berkelanjutan” yang digelar secara online melalui zoom meeting serta offline dengan kapasitas terbatas/ketat dengan protocol covid 19 bertempat di Swissbell Hotel Palu.

Dalam laporannya, Dr. Ir. Rois Hasdi MP selaku ketua panitia acara menuturkan bahwa webinar kali ini diikuti banyak oleh berbagai perguruan tinggi serta instansi pemerintah terkait dari berbagai wilayah di Indonesia.

“ Pada Webinar kali ini, kami mengusung tema “Bersinergi dan berinovasi Untuk Faperta yang Berkelanjutan” yang akan dilaksanakan selama dua hari. Untuk hari pertama akan ada 5 pemateri mulai dari birokrat, peneliti dan akademisi. Sedangkan untuk hari kedua akan ada 3 pemateri yang berasal dari Dekan Pertanian UGM, Rektor IPB serta Gubernur Sulawesi Tengah. Pendaftar yang sedang mengikuti acara ini via online sekitar 600 lebih yang berasal dari berbagai akademisi perguruan tinggi, instansi dan lembaga peneliti dari berbagai PT di Indonesia (Universitas Tanjung Pura – Pontianak, Universitas Sriwijaya – Palembang, Universitas Samratulangi – Manado, Universitas Patimura – Ambon, Universitas Pancasakti – Bali, UNS, Universitas Nahdatululama Jogjakarta, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Universitas Muhamadiyah Mamuju, Universitas Mataram, Universitas Sumatera Utara, Unhas, UGM, Universitas Ambon dll). Terdapat juga Dinas Pertanian Provinsi, Dinas Ketahanan Pangan Sulteng dan Kota Palu dan Dinas Lingkungan Hidup Sulteng.” Papar Dr. Rois.

Pada kesempatan yang sama, Dr. Ir. Abdul Rahim ST, MP, IkA selaku Wakil Dekan bidang Akademik Faperta dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung terselenggaranya acara ini.

“ Kami dari Faperta Untad mengucapkan terima kasih kepada seluruh pemateri. Semoga webinar ini dapat berjalan dengan lancar dan memberikan kontribusi serta manfaat kepada sektor pertanian. Tahun ini Dies Natalies FAPERTA ke 40, tema tersebut membuat kami ingin berkomitmen untuk meningkatkan SDM dengan melakukan berbagai inovasi dibidang tridharma perguruan tinggi demi mewujudkan pertanian berkelanjutan. Semoga FAPERTA dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas demi mewujudkan prodi yang unggul dan international yang sedang disuahakan. Dies Natalies Kali ioni dperingati dengan prinsip kesederhanaan dan kepedulian karena saat ini tengah berada di pancemi covid dengan PPKM. Sebenarnya ada beberapa rencana kegiatan seperti bidang kegiatan ilmiah, olahraga, seni budaya, pengabdian masyarakat namun karena kondisi saat ini maka beberapa kegiatan tersebut tidak sempat dilakukan. Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada semua pihak yang mendukung acara ini.

Pada hari pertama(25/08), Webinar dengan topic “Upaya Peningkatan Produktivitas Pertanian Selama Masa Pandemi Covid 19” dibawakan oleh 5 pemateri diantaranya :
1. Prof. Dr. Ir. Tualar Simarmata, MS – Guru Besar Faperta UNPAD
2. Ir. Trie Iriani Lamakampali, MP – Kadis Tanaman Pangan & Hortikultura Provinsi Sulteng
3. Dr. rer.nat. Sarjiya Antonius – Peneliti Biologi LIPI
4. Prof. Dr. Ir. Alam Anshary, MP.IPU.ASEAN.Eng – Direktur Program Pascasarjana Untad
5. Prof. Ir. Zainuddin, Ph.D – Guru Besar Faperta Untad

Pada hari kedua (26/08), Prof. Dr. Ir. Mahfudz, MP selaku Rektor Untad menyampaikan apresiasi serta ucapan selamat kepada Faperta atas Dies Natalies ke 40. 

“ Saya memberikan apresiasi sebesar besarnya kepada Dekan Faperta beserta seluruh jajarannya yang telah menyelenggarakan acara ini dalam rangka Dies Natalies Faperta ke 40. Sejak Untad mulai resmi berdiri pada tahun 198, Faperta bersamaan dimasukan sebagai salah satu Fakultas awal untuk syarat menjadi perguruan tinggi resmi. Tema yang diusung panitia terkait potensi sektor pertanian Sulteng sangat menarik dan menantang. Gubernur kita melalui forum ini akan menyampaikan gagasan serta potensi yang dimiliki Sulteng sehingga menjadi peluang yang baik untuk Faperta terkait apa yang akan disampaikan gubernur nantinya. Potensi Sulteng begitu melimpah dengan SDA disektor pertanian. Namun potensi SDA tidak cukup sehingga perlu untuk menyiapkan SDM dan inovasi untuk mengelola SDA kita. Sektor pertanian adalah sektor yang penuh dengan potensi.” Papar Prof. Mahfudz.

Dikesempatan lainnya, Dr. Ir. Muhardi, M.Si. selaku Dekan Fapetkan Untad menuturkan track record Fapetkan sejak awal diresmikan hingga saat ini.

“Fakultas Pertanian merasa memiliki andil dalam memajukan sektor pertanian di Sulawesi Tengah dari sisi teknologi dan SDM. Saat ini FAPERTA Untad telah meluluskan 10.600 Alumni yang tersebar di Seluruh Indonesia bahkan Mancanegara seperti Australia, Malaysia, Thailand, Filipina dan Timur Leste. Dari mereka ada orang Indonesia yang berkarir disana dan juga masyarakat asli dari negara-negara tersebut. 40 tahun Faperta telah mengalami 2 kali pemekaran fakultas dimana Fakultas Kehutanan pada tahun 2010 dan Fakultas Peternakan dan Perikanan pada tahun 2013. Kami tengah mengusulkan Fakultas Teknologi Pertanian dalam waktu dekat ini. Mudah mudahan dapat terwujud dalam waktu dekat. Konsep pertanian berkelanjutan adalah suatu keharusan meskipun SDA masih besar disini tapi dengan kebutuhan yang juga kian meningkat, maka SDA bisa cepat habis.” Jelas Dr. Muhardi.

Pada webinar hari kedua (26/08), acara dengan tema “Potensi Wilayah Sulteng menjadi FOOD ESTATE dalam rangka Ketahanan Pangan” dibawakan 3 pemateri diantaranya ;
1. H. Rusdi Mastura – Gubernur Sulawesi Tengah
2. Prof. Dr. Arif Satria, SP.,MP – Rektor Institut Pertanian Bogor
3. Dr. Jamhari, SP.,MP – Dekan Faperta UGM.

AA

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: No Right Klik and Copy!!