June 19, 2021

Pemerintah Kabupaten Donggala Gandeng LPPM Untad Terkait Implementasi e-office

Pemerintah Kabupaten Donggala Gandeng LPPM Untad Terkait Implementasi e-office

Bertempat di Gedung Media Center Lantai II, acara kerjasama Pemerintah Kabupaten Donggala dan LPPM Untad terkait “Implementasi e – office : Sistem Persuratan Kantor & Disposisi Online (SIPAKPOS) Sekretariat Daerah Kabupaten Donggala Kerjasama Pemerintahan Kabupaten Donggala dan Untad” digelar pada Senin (14/12/2020) pagi dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kab. Donggala Dr. Rustam beserta Inspektur & assisten, camat dan Kepala OPD dipemerintahan Kab. Donggala.

Dalam sambutannya, Dr. Rustam selaku Sekretaris Daerah Kab. Donggala menuturkan latarbelakang mengapa sistem persuratan kantor & disposisi online perlu untuk segera diterapkan dalam sistem pemerintahan di Kabupaten Donggala.

“ Melihat pengalaman kami selama ini, sistem persuratan dan disposisi yang tidak dikelola secara digital memang tidak terlalu efesien secara waktu. Misalnya saat membuat dan mengkoreksi surat itu biasanya butuh waktu sekitar stengah jam. Kemudian surat tersebut masih harus menunggu untuk dikoreksi lagi di beberapa tahapan baru kemudian di paraf. Setelah itu masih ada beberapa lagi tahapan lainnya terkait surat menyurat hingga surat tersebut masuk kepada Bupati. Setelah surat di tandatangani Bupati, perjalanan menempuh Daerah Sojol misalnya membutuhkan waktu yang cukup lama karena jaraknya yang berkisar 250 km. Perjalanan surat tersebut pada akhirnya membutuhkan waktu sekitar 4 hari untuk sampai tujuan yang tentu berpengaruh pada kinerja ASN. Melihat hal tersebut, peningkatan persuratan melalui cara digital dirasa sangat perlu untuk diterapkan segera karena akan sangat menghemat waktu. Kami berharap dengan adanya kerjasama Pemerintah Kab. Donggala dengan LPPM Untad dapat menjadi solusi dari tantangan yang selama ini kami hadapi terkait sistem persuratan kantor dan disposisi.” Jelas Dr. Rustam.

Dikesempatan yang sama, Prof. Dr. Ir. Mahfudz, MP selaku Rektor Untad mengapresiasi Kab. Donggala yang telah mempercayakan Universitas Tadulako terkait pembangunan digital di daerah Kab. Donggala.

“ Keputusan Pemerintah Kab. Donggala untuk menggandeng LPPM Untad dalam implementasi e-office merupakan kolaborasi yang sangat luar biasa bagi kami. Di era seperti saat ini memang sangat strategis untuk melakukan aktivitas pemerintahan secara digital. Semua tahapan proses administrasi dll akan semakin lebih mudah. Oleh karena itu, Momen ini tentu menjadi momen yang sangat berharga bagi kami karena Untad mendapatkan kepercayaan untuk melakukan hal yang cukup strategis dalam rangka pembangunan era digital di daerah Kab. Donggala.” Ujar Prof. Mahfudz

Usai sambutan, acara kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi terkait e-office oleh pihak LPPM Untad kepada para peserta dari kalangan pemerintah Kabupaten Donggala. AA

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: No Right Klik and Copy!!