September 25, 2020

Menuju Smart Campus, Untad Luncurkan SIMoU

Universitas Tadulako (Untad) meluncurkan sistem informasi Memorandum of Understanding upgrading and Extend Program Android (SIMoU) secara virtual melalui aplikasi zoom meeting pada Senin,27 Juli 2020 bertempat di ruang rektor Untad . Kegiatan ini dihadiri oleh wakil rektor,dekan, dewan pertimbangan dan undangan lainnya di lingkungan Universitas Tadulako
Dalam sambutannya rektor Untad mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh wakil rekor bidang pengembangan dan kerjasama ( Bangjas), Prof Dr Ir Amar ST MT beserta jajarannya ini. Rektor mengharapkan agar aplikasi SIMoU ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi kemajuan Untad.
“Apa yang dilakukan pada hari ini adalah langkah maju terhadap pengembangan visi dan misi untad, seperti diketahui visi saya sebagai rektor adalah menjadikan Untad sebagai Smart Campus melalui sistem digitilasisasi” ungkap rektor.
Rektor berharap semua unit yang berkaitan dengan penyelenggaraan manajemen pelayanan yang sistem informasinya masih dalam bentuk konvensional bisa didigilitasi sehingga memudahkan stakeholder untuk mengakses informasi yang mereka butuhkan.
Prof Dr Ir Amar ST MT dalam pemaparannya menjelaskan bahwa berdasarkan permendikbud no 14 tahun 2014 setiap perguruan tinggi harus melaporkan secara berkala terkait kerjasama yang dilakukan ke direktorat jenderal melalui pangkalan data pendidikan tinggi. SIMOU ini dimaksudkan sebagai database dan sumber informasi kegiatan kerjasama perguruan tinggi, memberikan gambaran terkait kinerja kerjasama Perguruan tinggi serta dapat digunakan untuk pengembangan kebijakan DIKTI ke depannya.
“Sistem aplikasi ini akan mendukung program kampus merdeka belajar sesuai arahan kemendikbud. Seperti yang diketahui bahwa ada 5 kompenen dalam kampus merdeka yang bisa dilakukan yaitu pengembangan kurikulum, kerjasama student exchange,kerjasama penelitian, kerjasama pemagangan,dan kerjasama proyek kemanusiaa . Ini semua harus dituangkan dalam, bentuk kerjasama” terang Prof Amar.
Diharapkan semua kerjasama yang dilakukan baik ditingkat prodi hingga Universitas dapat terangkum dalam database aplikasi ini. Nantinya, SIMoU ini juga akan menunjang proses akreditasi Universitas Tadulako . Aplikasi SIMoU ini dapat diakses di www.mou.untad.ac.id.
Rencananya setelah peluncuran SIMoU ini akan dilakukan pelatihan kepada operator di setiap unit. Warek Bangjas berharap semua pihak di fakultas bisa mengikuti pelatihan tersebut.

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: No Right Klik and Copy!!