Mahasiswa Ikuti Seleksi Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Universitas Tadulako 2018

Mahasiswa Ikuti Seleksi Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Universitas Tadulako 2018

Pelaksanaan Pilmapres (Pemilihan Mahasiswa Berprestasi) merupakan salah satu upaya untuk mendorong tumbuh-kembangnya kegiatan akademik yang baik sebagai bagian dari upaya menegakkan dan mengembangkan budaya akademik di lingkungan perguruan tinggi khususnya pengembangan budaya berkompetisi dan berprestasi di kalangan mahasiswa.

Bertempat di Ruang Senat Lantai III Rektorat Untad, Seleksi Pemilihan Mahasiswa Berprestasi 2018 di gelar pada Selasa (10/04) Pagi yang dihadiri segenap peserta Pilmapres dari 8 Fakultas serta para dewan juri dari akademisi Untad.

Dalam sambutannya, Ir. Pudji Astutiek F. M.Si. selaku Ketua Panitia memaparkan komponen penilaian serta para dewan juri yang akan menilai performa para peserta.

“ Pada seleksi Pilmapres hari ini, yang bertindak sebagai dewan juri untuk penilaian Karya Tulis akan dilakukan oleh Dr. Aminah S.Pd dan khusus untuk penilaian Prestasi Mahasiswa akan dilakukan oleh Dr. Jamaluddin dan Dr. Suyuti. Komponen Penilaian akan merujuk pada kinerja individu mahasiswa berdasarkan panduan ristekdikti yang terdiri dari 5 unsur ; IPK, Kaya Tulis Ilmiah/Summary, Prestasi yang diunggulkan, bahasa asing dan kepribadian.” Jelas Ir. Pudji.

Pada kesempatan yang sama, Kamelia Burhan, S.E., MM selaku Sekretari Kompetisi Pilmapres menuturkan beberapa poin dan prasyarat mengikuti Pilmapres 2018. Beberapa persyaratan di antara nya ;

1. Persyaratan Umum

Persyaratan umum adalah persyaratan administratif yang harus dipenuhi oleh peserta sebagai kelengkapan Pilmapres, yaitu:

  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Terdaftar di PD-Dikti dan aktif sebagai mahasiswa program Sarjana maksimal semester VI.
  3. Peserta berusia tidak lebih dari 22 tahun pada tanggal 1 Januari 2018 yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  4. Indeks Prestasi Kumulatif (IP seluruh matakuliah yang lulus) rata-rata minimal 3,00.
  5. Surat Pengantar dari pemimpin perguruan tinggi bidang kemahasiswaan (Wakil Rektor/Ketua/Direktur) yang menyatakan bahwa mahasiswa yang diusulkan adalah pemenang pertama hasil seleksi perguruan tinggi yang bersangkutan, apabila pemenang pertama berhalangan dapat digantikan pemenang berikutnya.
  6. Belum pernah menjadi finalis Pilmapres tingkat nasional pada tahun-tahun sebelumnya.

    2. Persyaratan Khusus

Persyaratan khusus adalah persyaratan yang harus dipenuhi oleh peserta Pilmapres, yang akan dinilai oleh tim juri sesuai dengan prestasi calon Mapres, yaitu:

  1. Rekapitulasi Indeks Prestasi per semester.
  2. Karya Tulis Ilmiah yang ditulis dalam bahasa Indonesia baku.
  3. Ringkasan (bukan abstrak) yang ditulis dalam bahasa Inggris/bahasa asing PBB lainnya.
  4. Video yang menunjukkan kemampuan berbahasa Inggris/ bahasa asing PBB lainnya secara lisan.
  5. Sepuluh prestasi/capaian yang diunggulkan, dilengkapi dengan dokumen pendukung sebagai bukti.

“ Dalam seleksi Pilmapres, Karya Tulis Ilmiah menjadi poin tertinggi dalam penilaian. Rinciannya, unsur-unsur yang dinilai pada seleksi Pilmapres tingkat Universitas Tadulako adalah sebagai berikut:
1) Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), dengan bobot 20%;
2) Karya tulis ilmiah yang terdiri atas nilai tulisan dan presentasi, dengan bobot 30%;
3) Prestasi/capaian yang unggul dan membanggakan, dengan bobot 25%; dan
4) Bahasa asing, dengan bobot 25%.

Khusus tahun ini, tema Pilmapres yang di angkat mengenai “Sustainable Development Goals (SDGs)”. Mahasiswa yang nanti nya mendapatkan juara I, II dan III akan mendapatkan hadiah berupa Beasiswa PPA. Nanti nya hanya ada satu orang mahasiswa yang terpilih sebagai perwakilan Universitas Tadulako di tingkat Regional dan Nasional di Dikti, Jakarta.” Tambah Ibu Kamelia Burhan. AA

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: No Right Klik and Copy!!