Agustus 20, 2019

LPPM Untad Gelar Training Of Trainers Pengembangan Program Mahasiswa KKN & Penguatan Tugas Dosen Pembimbing Lapangan

LPPM Untad Gelar Training Of Trainers Pengembangan Program Mahasiswa KKN & Penguatan Tugas Dosen Pembimbing Lapangan

Dalam rangka mengembangkan bingkai Program Kerja Mahasiswa KKN sekaligus penguatan tugas dan fungsi akademisi sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dalam proses pembimbingan Mahasiswa KKN, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Tadulako menggelar Training of Trainers pada Sabtu-Minggu (6-7/07/2019) Pagi kepada 117 Dosen dari seluruh Fakultas bertempat di Ballroom Best Western Hotel Palu.

Dalam sambutannya, Dr. Muh Rusydi H, M.Si selaku Ketua Lembaga Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Untad menuturkan harapannya agar kegiatan pelatihan atau Training of Trainers ini dapat menjadi wadah untuk evaluasi, perbaikan dan peningkatan tugas/fungsi pelaksanaan KKN untuk para Akademisi yang akan menjadi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) nantinya.

“ Pelatihan ini merupakan kegiatan rutin yang telah dijalankan sejak Ketua LPPM sebelumnya. Salah satu alasannya adalah untuk membangun kolaborasi antara Fakultas dengan LPPM dalam memaksimalkan proses pelaksanaan KKN Kedepannya. Harapannya dengan Training of Trainers ini akan semakin memperbanyak akademisi yang telah siap dari segi SDM untuk menjadi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) ketika Mahasiswa KKN turun langsung di tengah masyarakat.” Ujar Dr. Rusydi.

Pada kesempatan Training of Trainers kali ini, beberapa pemateri memaparkan materi terkait peningkatan pelaksanaan KKN diantaranya Dr. Hasan Muhammad, M.Si tentang ‘Program Kerja : Pemberdayaan Masyarakat Desa’, Dra. Ritha Safithri, M.Si tentang ‘Rancangan Penyusunan Porgram Kerja KKN Untad’ dan Rustam Effendi, S.Pd., SH., MAP tentang ‘Program Kerja Pemerintah Daerah’.

Selain beberapa materi tersebut, Acara Training of Trainers kemudian dilanjutkan dengan Materi lainnya tentang ‘Tugas & Fungsi Dosen Pembimbing Lapangan’ oleh Dr. Ir. Muhammad Ismail, MP kemudian “Wewenang & Tanggung Jawab Dosen Pembimbing Lapangan” oleh Dr. Vitayanti Fattah, SE.,M.Si serta ‘Evaluasi Panduan TUSI DPL’ oleh Ir. Jamlis Lahandu, M.Si.

Usai pemaparan materi, Acara kemudian dilanjutkan dengan pembagian kelompok, diskusi serta pemberian rekomendasi masing-masing komisi. Ditemui dikesempatan yang sama, Dr. Ir. Muhammad Ismail, MP selaku Ketua Panitia acara Training of Trainers menuturkan bahwa pelaksanaan kegiatan ini di latarbelakangi oleh salah satu syarat yang diperuntukan kepada para Dosen yang ingin menjadi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Mahasiswa KKN yaitu harus pernah mengikuti Training of Trainers.

Hal tersebut menjadi penting agar para Dosen mengetahui dan paham tentang tugas dan tanggung jawabnya sebagai DPL saat mendampingi Mahasiswa KKN. Beliau juga menuturkan bahwa KKN Mahasiswa saat ini tematiknya lebih kepada kondisi Sulawesi Tengah yang berusaha untuk pulih pasca bencana 28 september 2018 yang lalu. Sehingga Mahasiswa KKN pun disebar dilokasi terdampak bencana (salah satunya di area kampus) dan diharapkan dapat berperan/ ikut serta dalam proses pemulihan pasca bencana di lokasi KKN mereka nantinya. AA

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.