September 23, 2021

LPPM Gelar Sosialisasi & Penyamaan Persepsi Penelitian & Pengabdian DIPA Tingkat Fakultas, Pascasarjana, Universitas & PSDKU

LPPM Gelar Sosialisasi & Penyamaan Persepsi Penelitian & Pengabdian DIPA Tingkat Fakultas, Pascasarjana, Universitas & PSDKU

Bertempat di Hotel Bestwestern Palu, LPPM (Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat) Untad sejak tanggal 15 – 17 Februari 2021 menggelar “Sosialisasi & Penyamaan Persepsi Penelitian dan Pengabdian DIPA Tingkat Fakultas, Pascasarjana, Universitas & SDKU” yang dihadiri segenap civitas akademika Untad yang berkapasitas untuk menjadi reviewer proposal DIPA terkait penelitian & pengabdian kepada masyarakat.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Dr. Muhammad Nur Ali, M.Si selaku Wakil Rektor bidang Umum & Keuangan berisikan pemaparan materi terkait penilaian proposal penelitian serta sosialisasi terkait  SIPENAEMAS (Sistem Informasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat).

Ditemui pada kesempatan tersebut, Dr. Muh Rusydi H, M.Si selaku Ketua LPPM Untad menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah untuk penyamaan persepsi para reviewer yang telah tersertifikat untuk mengawal dan mereview proposal di Untad dengan jumlah total reviewer saat ini sekitar 31 orang.

“ Kami melakukan kegiatan ini karena memahami bahwa untuk menilai suatu proposal, setiap reviewer memiliki pendapat dan penilaian masing-masing sehingga melakukan penyamaan persepsi terkait hal tersebut sangat perlu untuk dilakukan. Acara ini dilakukan setiap tahun dan untuk tahun ini, satu proposal akan dinilai oleh dua atau tiga reviewer.” Ujar Dr. Rusydi.

Beliau turut menambahkan bahwa saat ini LPPM telah ditugaskan untuk melaksanakan kegiatan terkait pengelolaan penelitian mulai dari administrasi, monev dll sejak tahun lalu dimana sebelumnya hal tersebut dilakukan di fakultas masing-masing.

“ Tahun lalu juga dari segi reviewernya masih dilakukan secara manual sehingga tahun ini kami telah meningkatkan lagi performa-nya dengan memasukan proses reviewnya dalam sistem informasi yang telah kami buat yakni SIPENAEMAS (Sistem Informasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) yang dapat diakses di website kami.” Tambah Dr. Rusydi.

Pada kesempatan tersebut, beliau turut memberikan update terkait penelitian/jumlah prosposal yang telah masuk (sekitar sebelumnya 584 proposal,  sekarang naik menjadi 933 proposal penelitian) yang menunjukan ada peningkatan yang signifikan. Harapannya penelitian kedepan dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk pengabdian kepada masyarakat seperti yang dilakukan oleh pemerintah Donggala yang menggunakan penelitian terkait e-government Untad sehingga kedepannya akan semakin banyak penelitian yang digunakan untuk memudahkan banyak pihak termasuk pemerintah. AA

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: No Right Klik and Copy!!