September 26, 2018

Jelang Dies Natalies Ke 37, Untad Gelar Seminar Nasional Tentang Harmoni Di Lingkungan Akademik

Jelang Dies Natalies Ke 37, Untad Gelar Seminar Nasional Tentang Harmoni Di Lingkungan Akademik

Menjelang Dies Natalies Univeristas Tadulako ke 37, Seminar Nasional ” Harmoni Dalam Meningkatkan Mutu Akademik Untuk Mewujudkan Insan Bermoral, Humanis dan Profesional ” digelar pada Kamis (16/08) Pagi di Media Center Lantai II dengan menghadirkan dua narasumber Untad diantaranya Prof. Dr. Ir. Muhammad Basir SE MS dan Prof. Dr. Juraid M.Hum yang membahas seputar Harmoni menurut para Akademisi.

Dalam sambutannya,  Dr. Darmawati Darwis selaku Ketua Panitia Seminar menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan ilmiah yang terselengara sebagai rangkaian Dies Natalies Untad ke 37 yang dihadiri 200 peserta yang terdiri dari Kepala Dinas Pemkot dan Provinsi Sulawesi Tengah, Dekan & Wakil Dekan, Ketua Jurusan, Akademisi/Dosen dan Mahasiswa Untad.

Pada kesempatan pertama, Prof. Dr. Ir. Muhammad Basir SE MS selaku Narasumber sekaligus Rektor Untad  mempresentasikan makna harmoni yang berpengaruh besar di berbagai kehidupan salah satunya kehidupan berakademisi.

” Harmoni merupakan suatu keserasian, selaras, seimbang, setangkup dan seirama. Kampus sebagai pemberi layanan dalam bidang akademik membutuhkan suasana harmoni yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan berakademisi. Harmoni dibutuhkan oleh semua pihak seperti Mahasiswa, Dosen, Pegawai dsb demi kelancaran setiap orang dalam mendapatkan kebutuhan akademisi. Beberapa faktor yang sering mengganggu siklus harmoni disuatu tempat diantaranya Dinamika Situasi, Attitude-behaviour, Fluktuasi Komunikasi, Manajemen Ego, Kendali Emosional dan Kerja Bersistem.” Urai Prof. Basir.


Dikesempatan lainnya, Prof. Dr. Juraid M.Hum sebagai salah satu narasumber banyak menuturkan mengenai tahapan membangun Harmoni Dalam Kebhinekaan menuju Masyarakat Humanis dan Profesional. Beliau menuturkan bahwa Indonesia sebagai negara yang multi etnis, agama dan budaya membutuhkan keharmonisan yang dibangun oleh setiap masyarakat dimanapun mereka berada.

” Keharmonisan akan terwujud jika ada sikap saling menghargai dan menyayangi antar anggota keluarga atau masyarakat. Dari kedua kata tersebut diperoleh kesimpulan yang menggambarkan cita cita luhur kehidupan bermasyarakat. Harmoni sosial tidak akan pernah tercapai ketika tidak tercipta kehidupan yang damai serta saling menghargai dari setiap anggota masyarakat yang tinggal bersama dan memiliki perbedaan.” Papar Prof. Juraid.

Selain Seminar Nasional, Kegiatan Jelang Dies Natalies ke 37 Untad turut dirangkaikan dengan berbagai lomba olahraga, debat bahasa inggris, Jalan Santai yang akan ditutup dengan Pengumuman Pemenang Lomba pada acara Puncak Dies Natalies 18 Agustus mendatang.

Usai pemaparan dua Narasumber, Seminar Nasional Kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan ditutup dengan foto bersama. AA

 

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.