Desember 08, 2021

International Office Untad Gelar Workshop Kerjasama Riset International, Ijin Penelitian Asing & Pelaksanaan Protokol Nagoya

International Office Untad Gelar Workshop Kerjasama Riset International, Ijin Penelitian Asing & Pelaksanaan Protokol Nagoya

Bertempat di Meeting Room Hotel Helsinki Palu, acara “Workshop Kerjasama Riset Internasional, Ijin Penelitian Asing Serta Pelaksanaan Protokol Nagoya” digelar pada Kamis (11/11/2021) Pagi yang dihadiri 50 peserta offline yang berasal dari perwakilan Fakultas, Lembaga Kerjasama, LPPM, Lembaga Sumber Daya dan Akademisi Untad serta peserta Online sekitar 170 peserta asal perguruan tinggi di Indonesia.

Dalam sambutannya, Prof. Marsetyo, M.Sc, Ag.,Ph.D selaku Kepala International Office Untad menuturkan bahwa Indonesia adalah salah satu Negara didunia dengan biodivers yang banyak sehingga menarik para peneliti dalam dan luar negeri untuk melakukan riset.

“ Acara ini merupakan rangkaian kegiatan sebelumnya yang dilaksanakan di Jambi dan IPB dengan tema yang sama. Tujuan workshop ini untuk meningkatkan pemahaman terkait kerjasama bagi para peneliti terkait riset internasional serta ijin penelitian asing dan pelaksanaan protocol Nagoya. Sehingga dengan adanya momen ini diharapkan dapat menjaring potensi kerjasama baru untuk berkolaborasi terkait penelitian antara peneliti asing dan peneliti dalam negeri. Seperti yang kita tahu bahwa Indonesia adalah salah satu sumber biodivers dunia yang menarik banyak peneliti dari berbagai Negara. Sehingga perlu adanya edukasi terkait hal tersebut untuk kita semua.” Ujar Prof. Marsetyo.

Pada kesempatan yang sama, Prof. Dr. Ir. Amar Akbar Ali, ST.,MT,IPU,ASEAN Eng selaku Wakil Rektor Bidang Pengembangan dan Kerjasama Untad berharap agar kegiatan ini dapat mendorong para dosen untuk dapat menghasilkan riset dengan kualitas internasional.

“Kegiatan workshop ini tentunya sangat penting dan tentu memperkuat/memperluas jaringan kerjasama internasional antar institute/periset se Indonesia dan luar negeri. Acara ini pun turut mendukung program nasional untuk menyediakan hasil riset bertaraf internasional bagi para akademisi yang juga linier dengan visi Untad untuk menjadi perguruan tinggi berstandar internasional dalam pengembangan iptek berwawasan lingkungan hidup.  Oleh karena itu, kegiatan semacam ini diharapkan dapat mendorong para dosen untuk dapat menghasilkan riset strategis yang dapat menarik mitra luar negeri yang selaras dengan nilai tri dharma perguruan tinggi.” Papar Prof. Amar.

Acara ini turut menghadirkan beberapa pemateri diantaranya ;

  1. Sri Wahyono – Analis Kebijakan Ahli Madya, Direktorat Tata Kelola Perizinan Riset & Inovasi dan Otoritas Ilmiah BRIN
  2. Dr. Aiyen Tjoa – Fakultas Pertanian UNTAD & Koordinator CRC-990 EFForTS
  3. Prof. Iskandar Z Siregar – Direktur Program International IPB
  4. Dr. Ruliyana Susanti – Pusat Penelitian Biologi BRIN
  5. Dr. Herry Yogaswara – Plt. Kepala Pusat Riset Kependudukan BRIN
  6. Lulu Agustina, SP.,M.Si – Sub Direktorat Keamanan Hayati, Direktorat Konservasi Keanekearagaman Hayati KLHK. AA

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: No Right Klik and Copy!!