September 25, 2020

International Office Untad Gelar Webinar Tentang Kiat Mendapatkan Beasiswa & Studi Lanjut di Amerika

International Office Untad Gelar Webinar Tentang Kiat Mendapatkan Beasiswa & Studi Lanjut di Amerika

Pada Kamis (23/07/2020) pagi, International Office Untad menggelar Webinar Pendidikan Luar Negeri : Seri 2 dengan mengangkat tema “ Sukses Meraih Beasiswa & Studi Lanjut di Amerika” yang menghadirkan narasumber diantaranya Dr. Budi Waluyo selaku penerima Beasiswa Fullbright Presidential Scholarship Studi S3 – Lehigh University, USA dan Pujiati Sari, S.Pd.,M.A selaku penerima Beasiswa LPDP Afirmasi Prestasi Magister Luar Negeri – Ohio State University, USA.

Dalam sambutannya, Prof. Marsetyo, M.Sc.Ag, Ph.D selaku Ketua International Office Untad mengapresiasi kedua narasumber untuk berbagi pengalamannya dalam mendapatkan beasiswa di Amerika.

“ Sosialisasi beasiswa seperti ini merupakan hal rutin yang dilaksanakan oleh iO Untad yang pada kali ini diselaraskan dengan Dies Natalies Untad yang ke 39. Total pendaftar webinar ini berjumlah 480 orang yang berasal dari seluruh Indonesia yang di dominasi dari Sulawesi sekitar 40 % kemudian Jawa, Madura dan Bali sekitar 31% dan sisa nya berasal dari Sumatera, Kalimantan, Maluku dan Papua.  Salah satu narasumber kita yaitu Sdri. Pujiati Sari masih saya ingat cukup rajin mengikuti sosialisasi seperti ini saat masih menjadi mahasiswa Untad dan kini mampu mewujudkan mimpinya. Kami berharap acara ini memberikan inspirasi dan manfaat yang besar kepada seluruh peserta. Saya juga mengucapkan apresiasi untuk semua panitia atas terselenggaranya sosialisasi beasiswa ini.” Ujar Prof. Marsetyo.

Dikesempatan yang sama, Prof. Dr. Amar, ST.,MT selaku Wakil Rektor Bidang Pengembangan dan Kerjasama Untad menuturkan bahwa webinar kali ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk seluruh peserta dalam mengejar mimpinya agar dapat melanjutkan pendidikan tinggi hingga ke Amerika.

“ Salam kami dari Palu untuk kedua narasumber (Dr. Budi Waluyo & Pujiati Sari, S.Pd.,M.A) yang mendapatkan beasiswa Fullbright di Amerika dan saat ini menjadi dosen di salah satu perguruan tinggi di Thailand serta Sdri. Pujiati Sari yang telah menyelesaikan S2 nya di Amerika Serikat sebagai penerima LPDP. Momen ini merupakan kesempatan untuk peserta terkait trik bagaimana mendapatkan beasiswa di Amerika Serikat. Amerika tergolong Negara yang welcome terhadap penerima beasiswa melihat dari pengalaman saat kami berkunjung disalah satu perguruan tinggi yang ada disana. Apresiasi saya untuk International Office Untad yang melaksanakan sosialisasi beasiswa kali ini dan untuk Sdri. Pujiati Sari, semoga setelah kembali dari Amerika dapat melanjutkan pendidikan hingga S3 dan dapat kembali ke Untad untuk menjadi salah satu dosen di sini nantinya. Mengingat saat ini Dosen Untad masih beberapa saja yang alumni dari Amerika dan sebagian besar lulusan Australia, Eropa dan Asia.” Ujar Prof. Amar.

Usai sambutan,  Dr. Budi Waluyo, Ph.D selaku pemateri Peraih Beasiswa Fullbright America memaparkan bahwa  ada 5 Hal kunci untuk mendapatkan beasiswa di Amerika :

  1. Pengalaman Organisasi
  2. Pengalaman Kerja
  3. TOEFL/IELTS
  4. Publikasi
  5. Rencana Penelitian Masa Depan
  6. Plus Recommendation Letter

Sebelum melanjutkan pendidikan S3 di Amerika, Dr. Budi Waluyo, Ph.D  pernah melanjutkan studi S2 nya selama setahun di Inggris dan terpilih kembali untuk lanjut S3 di Amerika dengan beasiswa Fullbright.

Sedangkan Pujiati Sari, S.Pd.,M.A selaku penerima Beasiswa LPDP Afirmasi Prestasi Magister Luar Negeri – Ohio State University, USA menuturkan dalam presentasinya bahwa LPDP menjadi salah satu pilihan terbaik untuk beasiswa S2 karena biaya pendidikan seperti SPP fee limit (tidak dibatasi ingin berkuliah di kampus manapun dengan budget berapa pun). Selain itu, LPDP juga menyediakan martikulasi Non – bahasa, tunjangan buku, tesis/disertasi, seminar Internasional, Publikasi dan Wisuda.

Sdri. Pujiati Sari, S.Pd.,M.A yang pernah berkuliah di Untad di jurusan Matematika FMIPA Untad turut menambahkan bahwa LPDP memiliki biaya Pendukung seperti ;

  • Transport, asuransi, visa, kedatangan, tunjangan bulanan, tunjangan keluarga
  • Insentif peringat perguruan tinggi unggulan
  • Force Majeure/Darurat

Tips dan Trik dari Sdri. Pujiati untuk mendapatkan beasiswa LPDP ;

  • Prestasi Akademik & Non Akademik
  • Organisasi
  • Kepemudaan & Kerelawanan
  • Berkumpul dengan orang-orang hebat
  • Cari referensi essay – essay LPDP
  • Membuat rencana studi spesifik
  • Proof reading
  • Belajar dari kesalahan tes sebelumnya, terutama saat wawancara LPDP. Kesiapan diri secara mental, emosi dan akademik sebelum study itu penting.

Untuk Webinar Pendidikan Luar Negeri : Seri 2 “ Sukses Meraih Beasiswa & Studi Lanjut di Amerika” selengkapnya dapat dilihat di link berikut. AA

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: No Right Klik and Copy!!