Gelar Family Gathering, Mahasiwa PMMDN Suguhkan Pertunjukan Seni & Budaya

Gelar Family Gathering, Mahasiwa PMMDN Suguhkan Pertunjukan Seni & Budaya

Di penghujung semester ganjil tahun 2021/2022, Universitas Tadulako (Untad) menggelar kegiatan Family Gathering bersama mahasiswa  Program Pertukaran Mahasiswa dalam negeri (PMMDN) 2021  yang berasal dari berbagai  perguruan tinggi di Indonesia. Kegiatan ini digelar pada Kamis (30/12) bertempat di Aula Fakultas Kedokteran Untad.

Ketua Panitia, Haliadi Sadi, S.S, M. Hum, Ph.D mengatakan bahwa kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa PMMDN Untad baik mahasiswa inbound di Universitas Tadulako yakni sebanyak 121 mahasiswa, maupun peserta lain secara daring. Acara ini  bertujuan untuk mempererat rasa kekeluargaan di antara para peserta PMMDN serta keluarga besar Untad.

Ketua Panitia, Haliadi Sadi, S,S, M.Hum, Ph.D

Drs.Anang Wahid M Diah, M.Si, Ph.D

Sementara itu, Koordinator Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Untad, Drs. Anang Wahid Diah Ph.D mengemukakan bahwa program PMMDN ini telah memberikan pengalaman kebhinakaan kepada para peserta  yang berasal dari 16 perguruan tinggi sehingga mampu berbaur dengan  berbagai latar belakang dan meningkatkan rasa persatuan dan nasionalisme.

“Sebagaimana diketahui PMMDN adalah pertukaran selama 1 semester dari 1 cluster daerah ke daerah lain yang memberikan pengalaman kebhinekaan dan sistem alih kredit sebanyak 20 SKS. Merupakan kebanggaan sendiri bagi Untad bisa melaksanakan program ini” Kata Anang Diah Ph.D

Dosen FKIP itu  mengharapkan bahwa kedepannya para peserta PMMDN tersebut akan mengikuti berbagai  program MBKM lainnya yang digagas oleh kementerian Pendidikan dan kebudayaan, riset, dan teknologi.

Di kesempatan yang sama, Rektor Untad, Prof Dr Ir Mahfudz MP menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya program PMMDN di Untad .

“Saya tentu sangat berbahagia dan berbangga serta menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran yang terlibat langsung dalam mengawal dan menjamu duta kita ,yakni mahasiswa yang berasal dari 2 pulau besar di Indonesia, yakni Pulau Jawa dan Sumatera” kata rektor.

Sebagai tuan rumah PMMDN, rektor berharap para peserta dapat memperoleh pengetahuan dan pengalaman yang berharga selama belajar di Universitas Tadulako, baik secara daring maupun secara luring. Menurut rektor, makna yang sangat luar biasa dari program pertukaran ini adalah bagaimana para mahasiswa bisa memahami kehidupan dan kultur dalam kampus tempat mereka belajar dan daerah tempat bermukim.

Rektor Untad, Prof Dr Ir H Mahfudz MP

“Program MBKM yang digagas oleh kementerian ini telah memiliki program-program untuk mempersiapkan anak-anak kita sehingga tidak terkungkung dalam kegiatan kampus, olehnya itu pertemuan keluarga atau Family Gathering ini   sangat dimaknai dengan suasana kekeluargaan dan tentu pertemuan keluarga ini menjadi makna dari visi PMMDN itu sendiri yakni bertukar sementara, bermakna selamanya” kata rektor di akhir sambutannya.

Kegiatan yang dihadiri oleh jajaran pejabat,dosen, pegawai serta mahasiswa ini, kemudian menampilkan berbagai  pertunjukan seni dan budaya dari daerah para peserta program PMMDN. Para peserta  dibagi menjadi 12 kelompok untuk kemudian berkolaborasi dalam tari-tarian dan nyanyian sesuai dengan kultur dan budaya mereka masing-masing.

 

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: No Right Klik and Copy!!