Desember 08, 2021

Digelar Dengan Prokes Ketat, Untad Gelar Pekan Wisuda Angkatan 101-106

Digelar Dengan Prokes Ketat, Untad Gelar Pekan Wisuda Angkatan 101-106

Bertempat di Lapangan Universitas Tadulako, acara Pekan Wisuda Untad Periode 101 – 106 digelar pada Senin (25/10/2021) pagi yang akan berlanjut hingga pada hari Kamis (28/10/2021) mendatang yang dilaksanakan sebanyak 2 sesi perharinya dengan jumlah total peserta sebanyak 4.782 Alumni.

Dalam sambutannya, Prof. Dr.Ir. Mahfudz, MP menyampaikan bahwa meski jumlah wisudawan dari periode 101-106 berjumlah sekitar 7000an lebih, yang meregistrasi pendaftaran dipekan wisuda kali ini sekitar 4.782 saja.

“Jumlah wisudawan dari periode 101 – 106 berdasarkan data BAK berjumlah kurang lebih sekitar 7000an, namun karena kondisi pandemi covid, wisudawan yang melakukan registrasi pendaftaran wisuda berkisar 4.782 dimana idealnya perguruan tinggi minimal menghasilkan alumni sebanyak 7000 wisudawan dalam satu tahun. Harapannya semoga kondisi kedepan semakin lebih baik sehingga Untad dapat kembali aktif menggelar wisuda secara Luring. Selain itu, meski kurikulum yang digunakan alumni kali ini belum menggunakan konsep Merdeka Belajar Kampus Merdeka, saya yakin bahwa hal itu tidak mengurangi kemampuan dan daya saing para lulusan kita kedepannya. Semoga kondisi pandemi akan semakin mereda dan seluruh pimpinan fakultas dan dosen dapat beradaptasi dengan kondisi new normal agar tidak ada lagi alasan proses penyelesaian study yang terhambat karena pandemi.” Papar Prof. Mahfudz.

Pekan Wisuda kali ini pun turut mengundang Penasehat Menteri Kelautan dan Perikanan 2019-2024, Prof. Dr. Rokhmin Dahuri, MS untuk memberikan pidato ilmiah. Dalam pidatonya beliau menyampaikan terkait tantangan kebutuhan SD di era revolusi industri 4.0, problem sosial ekonomi bangsa, hingga peta jalan pembangunan nasional sebagai pijakan wisudawan Untad meniti karir dan profesi agar meraih sukses sekaligus memberi kontribusi bagi kemajuan bangsa dan negara.

“ Alumni perguruan tinggi yang sukses setidaknya harus memiliki 5 karakter. Pertama harus beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME menurut agama kita masing-masing. Kedua, memiliki kompetensi IPTEK (hard skills) sesuai dengan bidang ilmu atau program studi yang saudara pelajari. Ketiga, harus sehat, cerdas, cakap, terampil, kreatif, inovatif, berpikir kritis, mampu menganalisis masalah secara tepat dan benar, mampu memecahkan masalah, fleksibel dan adaptif, mampu bekerjasama (teamwork), dan berjiwa wirausaha (entrepreneurship). Keempat, menguasai IPTEK di era Industri 4.0, khususnya information technology (penggunaan komputer dan teknologi digital) dan bahasa asing (Inggris, Arab, dan Mandarin). Kelima, memiliki etos kerja yang unggul (seperti rajin, ulet, tampil maksimal, dan disiplin) dan berakhlak mulia termasuk jujur, amanah, toleransi, sabar, penyayang, dan ikhlas.”

”Menjadi Ahli Madya, Sarjana, Magister, Doktor maupun Professor itu bukan berarti anda berhenti belajar. Tidak, justru kita harus terus belajar, menggali ilmu dan mengamalkannya untuk kemaslahatan bersama. Selain ikhtiar dan kerja keras, bukalah pintu-pintu langit (ridha dan berkah Allah ) melalui doa tiada henti kepada Allah swt agar hidup kita sukses bahagia dunia dan akhirat serta mmeberikan banyak manfaat kepada sesama insan,” Jelas Prof. Rokhmin.

Usai sambutan dan pidato ilmiah, acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan cendramata kepada Prof. Dr. Rokhmin Dahuri, MS kemudian acara Wisuda dengan memanggil Wisudawan dengan kategori IPK tertinggi, Penyelesaian Studi tercepat serta Wisudawan terbaik dari S1, S2 dan S3 oleh Dr .Lukman Nadjamuddin, M.Hum selaku Wakil Rektor Bidang Akademik. Usai pembacaan Wisudawan terbaik, acara kemudian diakhiri dengan penyerahan ijazah untuk seluruh Wisudawan tingkat S3, S2 dan S1.

* Wisuda dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan covid 19 dimana peserta wisuda dan pendamping harus membawa bukti vaksin untuk masuk ke lingkungan Untad. Serta hanya membawa 1 anggota keluarga.
AA

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: No Right Klik and Copy!!