September 23, 2021

Cegah Radikalisme & Penguatan Nilai-Nilai Sosio Akademik, Pusbang DePSA Untad Gelar Pelatihan Angkatan XI

Cegah Radikalisme & Penguatan Nilai-Nilai Sosio Akademik, Pusbang DePSA Untad Gelar Pelatihan Angkatan XI

Untuk mencegah paham radikalisme dan penguatan Nilai-Nilai Sosio Akademik, Pusbang DePSA (Pusat Pengembangan Deradikalisasi dan Penguatan Sosio-Akademik) Untad pada Jumat (21/05/2021) Pagi menggelar “Pelatihan Pencegahan Radikalisme & Penguatan Nilai-Nilai Sosio Akademik Angkatan XI” bertempat di Ruang VICON Fakultas Hukum Untad.

Dalam sambutannya, Dr. Humaedi, S.Pd., M.Pd. selaku ketua Panitia acara Pelatihan menuturkan bahwa peserta pelatihan berasal dari 11 fakultas diantaranya Fakultas Hukum 24 orang, FMIPA 29 orang, Fakultas Ekonomi 23 orang, Fakultas Teknik 27 orang, FISIP 27 orang, Faperta 22 orang, FKIP 29 orang, Fapetkan 18 orang, FKM 25 orang serta Fakultas Kehutanan 29 orang. Total peserta yang ikut secara Offline sebanyak 50 org dan online 250 org dan Ketua Lembaga 41 org.

Dikesempatan yang sama, Dr. Rahmat Bakri SH.MH selaku Ketua Umum Depsa menuturkan bahwa pelatihan akan dilaksanakan selama 3 hari (21 – 23 Mei 2021).

“ Kegiatan tahun ini cukup berbeda dikarenakan situasi covid 19 sehingga perlu dilakukan penyesuaian-penyesuaian seperti pelaksanaan acara secara online maupun online. Meskipun begitu, setiap peserta harapannya dapat menyimak dengan baik dan seksama meskipun sebagian acara dilaksanakan secara online. Salah satu syarat menjadi Ketua Lembaga adalah dengan mengikuti pelatihan Depsa ini, bagi yang belum mengikuti pelatihan tahun lalu dikarenakan covid, maka perlu mengikuti pelatihan ditahun ini.” Jelas Dr. Rahmat.

Pada kesempatan yang sama, Prof. Dr. Ir. Mahfudz, MP selaku Rektor Untad memberikan apresiasinya kepada DePSA dan tim yang terus aktif menyebarkan paham-paham positif kepada Mahasiswa Universitas Tadulako sejak angkatan I hingga angkatan XI.

“ Saya memberikan apresiasi kepada kepala dan panita depsa karena terus aktif untuk mengedukasi Mahasiswa melalui program yang kita adakan setiap tahun ini. Saya menitipkan pesan agar Depsa dan tim tidak berhenti untuk terus melakukan pelatihan dan pendekatan dalam rangka menanamkan paham paham positif (nilai-nilai kebangasaan, sosial-cultural dan penangkal paham radikalisme) kepada mahasiswa kita untuk berkehidupan di kampus ataupun ditengah masyarakat. Saya juga berharap setiap angkatan pelatihan ini dari angkatan 1 sampai XI agar mampu menjadi Duta ditengah masyarakat setelah lulus dari kampus kita tercinta. Jika penafsiran kita terkait NKRI tidak sama maka itu akan berpotensi bahaya dan memperpecah satu sama lain. Semoga peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan sebaik baiknya.” Ujar Prof. Mahfudz. AA

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: No Right Klik and Copy!!