Januari 20, 2022

Bidang Kerjasama Untad Gelar Sosialisasi & Workshop Terkait Penyamaan Persepsi Dokumen Kesepahaman Kerjasama (MoU), Perjanjian Kerjasama (MoA) & Kontrak Kerjasama (LoI)

Bidang Kerjasama Untad Gelar Sosialisasi & Workshop Terkait Penyamaan Persepsi Dokumen Kesepahaman Kerjasama (MoU), Perjanjian Kerjasama (MoA) & Kontrak Kerjasama (LoI)

Pada Kamis (02/12/2021) Pagi, Bidang Pengembangan & Kerjasama Untad menggelar kegiatan “Sosialisasi & Workshop Terkait Penyamaan Persepsi Dokumen Kesepahaman Kerjasama (MoU), Perjanjian Kerjasama (MoA) & Kontrak Kerjasama (LoI) Tahun 2021” yang dihadiri para perwakilan Dekan, Kaprodi serta civitas akademika Untad bertempat di Meeting Room Hotel Helsinski Palu.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Ir. Amar, S.T., M.T., IPU., ASEAN Eng selaku Wakil Rektor Bidang Pengembangan dan Kerjasama Untad menuturkan bahwa penting bagi setiap prodi di Untad untuk memahami hal –hal terkait dokumen kerjasama karena berpengaruh kepada IKU dan sistem akreditasi.

“ Cukup banyak prodi yang datang ke bidang kerjasama terkait pelaksanaan program MBKM yang didalamnya terdapat poin kerjasama yang penting diketahui mengingat adanya penilaian Indikator Kinerja Utama (IKU) yang ada dimasing-masing prodi. Dengan adanya momen ini harapannya kita bisa menyamakan persepsi terkait masing-masing dokumen kerjasama seperti MoU (Kesepahaman Kerjasama), MoA (perjanjian kerjasama) dan LoI (Kontrak Kerjasama) yang perlu diketahui mendalam oleh semua prodi karena terkait dengan target IKU yang berpengaruh terhadap sistem akreditasi prodi kedepan. Oleh karena itu, input dan masukan dari Bapak/Ibu sekalian terkait dokumen kerjasama sangat diperlukan.” Papar Prof. Amar.

Usai sambutan, Prof. Amar kemudian melanjutkan acara dengan memaparkan materi “ Sosialisasi Kerjasama Perguruan Tinggi Dalam mewujudkan Indikator Kinerja Utama (IKU)-6”

Dalam materinya, beliau memaparkan bahwa ruang lingkup kegiatan kerjasama implementasi Kampus Merdeka meliputi ; Pertukaran Mahasiswa, Magang, Asistensi Mengajar di Satuan Pendidikan, Penelitian/Riset, Proyek Kemanusiaan, Kegiatan Kewirausahaan, Studi/Proyek Independen serta Membangun Desa/KKNT.

Kemudian, terkait study program strategic roles, terdapat beberapa poin seperti ;
– Presentasi prodi yang mengembangkan kerjasama dengan mitra perusahaan, organisasi nirlaba, institusi multilateral, atau QS Top 100 World Universities by Subject.
– Presentase prodi baru yang dibuat dengan menggandeng mitra yang ditentukan
– Prodi yang memiliki akreditasi dan/atau sertifikasi international yang diakui pemerintah.
Selain itu, dalam kerjasama yang aktif, keberhasilan pelaksanaan kerjasama diukur dari seberapa besar kontribusi prodi didalamnya. Kemudian Prof. Amar dalam materinya memperkenalkan jenis dokumen kerjasama seperti MoU, MoA dan Lol secara detail.

Usai pemaparan, acara kemudian dilanjutkan dengan sesi Tanya jawab antar pemateri dan peserta. AA

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: No Right Klik and Copy!!