April 17, 2021

BAZNAS GELAR SOSIALISASI TERKAIT ZIS DI UNTAD

BAZNAS GELAR SOSIALISASI TERKAIT ZIS DI UNTAD

Dalam rangka memberi pemahaman terkait Pengelolaan dan penyaluran Zakat, Infak, dan Sedekah (ZIS) ,Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Sulawesi Tengah menggelar kegiatan Sosialisasi ZIS kepada unsur pimpinan di Universitas Tadulako (Untad) pada Rabu (17/3) . Kegiatan ini dihadiri oleh para wakil rektor, dekan, ,kepala lembaga, kepala biro dan unsur pimpinan lainnya. Bertempat di Ruang Rapat LPPM Untad, Kegiatan tersebut dibuka oleh Rektor Untad, Prof Dr Ir Mahfudz MP.

Dalam sambutannya, Rektor mengharapkan agar pengelolaan ZIS di Universitas Tadulako dapat disalurkan melalui BAZNAS Sulteng.
“Seperti yang kita ketahui, ada kepentingan yang cukup besar yang akan dicapai dengan adanya BAZNAS ini. Zakat yang kita tunaikan bersama akan lebih besar resonansi manfaatnya dari pada bila ditunaikan sendiri-sendiri. Olehnya itu, Kita ini selaku unsur pimpinan yang diberi amanah nantinya bisa mengkoordinir untuk penyaluran zakat di Untad” jelas Rektor.


Untuk itu, Rektor mengharapkan agar pengelolaan zakat di Untad dapat melibatkan semua unsur, terutama dosen maupun pegawai yang telah digaji tetap.
Hadiri sebagai pemateri yaitu Ketua BAZNAS Provinsi Sulawesi Tengah, Prof Dr Dahlia Syuaib, yang juga mantan Wakil Rektor Bidang Akademik Untad. Pihaknya menjelaskan terkait program yang lakukan oleh Baznas dalam pengelolaan dan penyaluran Zakat, Infak dan Sedakah.

Baznas sendiri adalah lembaga resmi yang didirikan oleh pemerintah berdasarkan UU nomor 23 tahun 2011 . Adapun tugas yang diemban Baznas yaitu melakukan tugas pengelolaan zakat, dan Sedekah dimana Baznas menerima dan menyalurkan ZIS sesuai Syariat dan Regulasi yang jelas. Setiap tahunnya,Baznas diaudit dengan audit keuangan publik sehingga harus membuat membuat laporan setiap semester.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: No Right Klik and Copy!!