Agustus 17, 2018

Antisipasi Plagiarisme, Untad Adakan Pelatihan Karya Ilmiah Melalui Aplikasi iThenticate

Antisipasi Plagiarisme, Untad Adakan Pelatihan Karya Ilmiah Melalui Aplikasi iThenticate

Untuk mencegah plagiarisme dalam pembuatan jurnal dan karya ilmiah, Universitas Tadulako menggelar “Pelatihan Antisipasi Plagiarisme Karya Ilmiah Untad Melalui Aplikasi iThenticate” Pada Senin (14/05) Pagi bertempat di Ruang Senat Rektorat Lantai III

Dalam sambutannya, Dr. Darmawati Darwis, M.Si selaku Ketua Panitia menuturkan bahwa pelatihan iThenticate menghadirkan narasumber langsung dari aplikasi iThenticate.

“ Pada kesempatan pelatihan hari ini, kita akan dibimbing langsung oleh perwakilan aplikasi iThenticate yang notabene merupakan aplikasi yang mampu mengetahui kesamaan karya ilmiah untuk mencegah potensi plagiarisme. Peserta hari ini merupakan satu orang dari perwakilan masing masing fakultas termasuk pasca sarjana serta tim Cef- Inap mengingat Universitas Tadulako memiliki pusat jurnal International dengan 15 tim ahli yang telah mendapatkan pelatihan sebelumnya dan siap melayani para akademisi untuk mempublish jurnal/karya ilmiah nya. Rektor turut berpesan agar setelah pelatihan iThenticate nantinya dapat dilanjutkan dengan pelatihan pembuatan akun SINTA (Sciences and Technology Index) dan Google Scholar.” Jelas Dr. Darmawati.

Dikesempatan lainnya, Rektor Untad yang diwakili oleh Prof. Dr. Ir Mahfudz, MP selaku Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan menuturkan bahwa plagiarisme merupakan suatu pelanggaran yang kerap kali dilakukan beberapa para akademisi saat pembuatan Karya Ilmiah.

“ Pelatihan ini menjadi penting karena aktivitas plagiarisme yang sering terjadi merupakan suatu pelanggaran etika profesi khususnya diranah para akademisi. Aktivitas Plagiarisme banyak dilakukan tanpa disadari sehingga banyak ditemui pelanggaran saat akan mengajukan karya ilmiahnya ke jurnal nasional/internasional. Oleh karena itu, perguruan tinggi dituntut oleh Kemenristekdikti untuk mempersiapkan para akademisinya agar terhindar dari publikasi jurnal yang teridentifikasi plagiarisme.” Ujar Prof. Mahfudz.

Usai sambutan Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Untad, pelatihan kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi “iGroup & Online Database” oleh Sastriyati selaku perwakilan aplikasi iThenticate. AA      

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.