April 17, 2021

97 MAHASISWA UNTAD IKUTI PROGRAM PERMATA MERDEKA

97 MAHASISWA UNTAD IKUTI PROGRAM PERMATA MERDEKA

Rektor Universitas Tadulako (Untad) Prof. Dr. Ir Mahfudz MP  melepas dan menerima secara resmi Mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara (PERMATA MERDEKA), pada Senin, (8/3). Acara yang dilakukan secara virtual ini dihadiri para wakil Rektor, dosen, serta mahasiswa peserta program PERMATA MERDEKA, baik dari Untad maupun dari perguruan mitra.

PERMATA MERDEKA merupakan Program Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara yang bertujuan membekali mahasiswa dengan komptensi di bidangnya melalui pengambilan mata kuliah di PTN mitra.  Sebanyak 42 PTN bersiap menyelenggarakan pertukaran mahasiswa secara daring yang difokuskan dalam bidang akademik, melalui perkuliahan online di perguruan tinggi tujuan. Program yang diinisiasi oleh Universitas Lambung Mangkurat ini merupakan tindak lanjut daru kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di awal tahun 2020 tentang Merdeka Belajar-Kampus Merdeka sebagai bagian dari upaya dalam penambahan ataupun penguatan kompetensi dan wawasan mahasiswa serta penguatan toleransi, cinta tanah air dan budaya yang diperoleh dari pertukaran mahasiswa melalui kerja sama antar perguruan tinggi di Indonesia.

PERMATA MERDEKA, memberikan kesempatan kepada mahasiswa pada semester genap ini untuk mengambil hingga 20 SKS di 42 Universitas yang tergabung dalam Konsorsium, diantaranya Universitas Hasanuddin, Universitas Sebelas Maret, Universitas Gadjah Mada, Universitas Brawijaya dan Institut Teknologi Bandung.

Dalam sambutannya rektor Untad, Prof Dr Ir Mahfudz MP mengharapkan agar para mahasiswa yang mengikuti program ini dapat memanfaatkan kesempatan tersebut dengan sebaik-baiknya

“ Selaku rektor saya menitip harapan yang sangat besar kepada anak-anakku  yang akan  belajar di 23 perguruan tinggi lain, manfaatkanlah kesempatan ini dengan baik, sebab ini merupakan, peluang yang besar untuk dalam memperoleh pengalaman dan  pengetahuan” pesan Rektor.

Prof Mahfudz juga mengharapkan agar para koordinator program di masing-masing fakultas dapat memberikan hal yang terbaik kepada mahasiswa dari perguruan tinggi lain yang akan belajar selama satu semester ke depan.

Nantinya ada sekitar 240 mahasiswa dari perguruan tinggi lain yang akan melaksanakan program PERMATA MERDEKA di Untad. Adapun mahasiswa Untad yang mengikuti program ini sebanyak 97 orang dan akan belajar di perguruan tinggi seperti, Universitas  11 Maret, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Hasanuddin serta beberapa perguruan tinggi lainnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: No Right Klik and Copy!!