8822 Calon Mahasiswa Ikuti UTBK Tahun 2022 Di Universitas Tadulako

  • Post author:

Dalam rangka pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2022, Universitas Tadulako (Untad) menggelar acara penyerahan penyerahan Berita Acara Pelaksanaan Ujian (BAPU) pada  Selasa (17/5) bertempat di rektorat Universitas Tadulako. Acara ini sekaligus memulai pelaksanaan UTBK yang akan berlangsung  dalam dua gelombang yakni gelombang pertama dari tanggal 17 Mei hingga 23 Mei serta gelombang kedua dari tanggal 28 Mei hingga 3 Juni 2022

Wakil Rektor Bidang Akademik Untad, Dr Lukman Nadjmudin M. Hum mengemukakan bahwa UTBK kali ini akan diikuti oleh sebanyak 8822 calon mahasiswa baru.  Menurut Lukman, jumlah tersebut bukan berarti bahwa seluruh peserta akan memilih Untad, sebab diantaranya hanya mengikuti UTBK di Untad dan memilih prodi di perguruan tinggi lain. Adapun pelaksanaan UTBK akan dilaksanakan di tiga lokasi yaitu Untad, SMKN 1 dan SMKN 2 Negeri Kota Palu.

 

Dr Lukman menambahkan bahwa Untad telah menyiapkan kuota sebanyak 8490 untuk mahasiswa secara keseluruhan melalui jalur SNMPTN, SBMPTN dan SMMPTN. Adapun kuota untuk SBMPTN yaitu sebanyak 4166 mahasiswa.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor Untad Prof Dr Ir Mahfudz MP mengatakan bahwa pihaknya berharap pelaksanaan UTBK tahun ini akan berjalan lancar,aman dan terkendali.

“UTBK ini dilaksanakan secara serentak secara nasional, olehnya  kita sangat mengharapkan agar pelaksanakannya  dapat dilakukan dengan sebaik baiknya. Saya sangat berharap kepada seluruh panitia untuk bekerja dengan keras dan penuh tanggung jawab” kata rektor

Rektor juga menambahkan bahwa tahun ini adalah tahun yang strategis untuk menata kembali penerimaan mahasiswa baru di Untad. Untuk penerimaan maba khusunya untuk pelaksanaan ujian mandiri akan diawasi oleh KPK. Hal ini merupakan tindaklanjut atas protes perguruan tinggi swasta secara nasional, yang kerap mengeluh tidak mendapatkan mahasiswa, karena  calon mahasiswa lenih memilih masuk perguruan tinggi negeri. Penambahan kuota UTBK,lanjut rektor, merupakan bukti bahwa Untad masih mendapat kepercayaan dari masyarakat untuk menyelenggarakan Pendidikan.

Pelaksanaan UTBK Tahun ini masih mengikuti protokol  pencegahan penularan Covid-19 mengingat pandemi yang belum sepenuhnya berakhir. Olehnya itu peserta UTBK wajib mengenakan masker selama proses ujian berlangsung. Selain itu, panitia juga menyiapkan metal detector untuk memeriksa setiap peserta yang akan masuk ke ruang ujian. Hal ini sebagai upaya untuk mencegah kecurangan-kecurangan yang dilakukan  oleh peserta ujian.  Adapun Peserta yang terbukti melakukan kecurangan atau bekerjasama dengan joki maka akan digugurkan sebagai peserta UTBK tahun 2022.

Nantinya, pengumuman hasil UTBK akan dilakukan pada 23 Juni  2022, sedangkan proses unduh sertifikat UTBK dapat dilakukan pada 23 Juni hingga 1 Juli 2022.

Acara penyerahan BAPU ini kemudian dilanjutkan dengan kunjungan rektor dan jajarannya ke lokasi UTBK. Dalam kesempatan tersebut rektor memantau pelaksanaan UTBK hari pertama di Untad, SMKN 1 dan SMKN 2 Palu.