Desember 05, 2016

Wujudkan Pelayanan Prima, LPPMP Adakan Pelatihan

Wujudkan Pelayanan Prima, LPPMP Adakan Pelatihan

Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) Universitas Tadulako (Untad) menyelenggarakan Pelatihan Pelayanan Prima. Pelatihan bertema “Memberikan Pelayanan Terbaik, Cepat, Tepat, dan Menyenangkan (Service Excellence)” ini diselenggarakan di Ballroom Silkstone, Hotel Mercure Palu, pada 24 sampai 25 November 2015.

Rektor Untad, Prof Dr Ir Muhammad Basir Cyio SE MS., dalam pemaparan materinya menyampaikan bahwa pelayanan prima wajib dilakukan oleh seluruh dosen dan pegawai Untad. Khusus bagi pegawai, pelayanan prima ini harus dilakukan dalam berinteraksi dengan orang-orang yang dilayani, baik dengan dosen, maupun mahasiswa.

Dalam materi berjudul “Potret Universitas Tadulako Ditentukan Layanan Garda Terdepan di Semua Unit”, Prof Basir Cyio mengingatkan bahwa kesan yang diberikan dalam pelayanan pasti akan menjadi cerminan pandangan orang lain terhadap Untad sebagai institusi. “Jika satu orang saja yang memberikan pelayanan tidak baik, maka akan menjadi cerita di luar dan digeneralisasi bahwa pelayanan di Untad itu tidak baik. Namun, jika kita memberikan pelayanan terbaik, tentu akan berdampak sangat positif bagi Untad. Olehnya, tidak ada alasan lagi bagi kita semua, saatnya memberikan pelayanan terbaik bagi siapa pun itu,” jelas Rektor.

Rektor juga mengingatkan bahwa dalam memberikan pelayanan, setiap pegawai harus menempatkan diri sebagai pelayan yang sesungguhnya. Jika ini diterapkan, tentu saja orang yang akan dilayani dapat merasa diperhatikan dengan baik. “Ingat, pelayanan yang baik itu ditentukan oleh pelayan dan sarana. Juga, pelayanan yang baik pasti akan menuai pujian,” kata Prof Basir.

Sementara itu, Dr Muhammad Nur Ali MSi, Ketua LPPMP dalam sambutannya mengemukakan bahwa pelatihan itu bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pegawai mengenai pelayanan prima. Peserta dalam kegiatan itu, jelas Dr Nur Ali, merupakan pegawai dalam lingkungan BUK, BAKP, LPPM, LPPMP, dan dari fakultas. “Tentu saja, tidak semua pegawai diikutkan dalam kegiatan ini. Namun diharapkan, ilmu dari pelatihan ini dapat disebarluaskan kepada seluruh rekan demi terciptanya pelayanan prima di Untad,” ujar Dr Nur Ali.

Dalam pelatihan itu, selain Prof Basir Cyio, LPPMP juga mengundang akademisi dari Universitas Negeri Malang, Dr Dani Munindia Handarini MA, sebagai pemateri. Turut hadir dalam kegiatan itu, Sekretaris LPPMP, para kepala pusat dalam lingkungan LPPMP, dan staf pegawai dari berbagai unit.

Related posts

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *