Desember 07, 2016

Vicon : Olimpiade Sains Pertamina 2014 (Seleksi TInngkat Provinsi)

Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pertamina dilaksanakan oleh Pertamina bekerja sama dengan Universitas Indonesia dan didukung oleh seluruh perguruan tinggi negeri di setiap provinsi seluruh Indonesia. Untuk Provinsi Sulawesi Tengah, Universitas Tadulako dalam hal ini Fakultas MIPA dipercayakan untuk melaksanakan kegiatan Olimpiade Sains.

Dalam Olimpiade Sains kali ini ada dua kategori yang diperlombakan yaitu, kategori teori yakni teori-teori dari empat bidang Fisika, Matematika, Kimia, Biologi dan juga dengan kategori sains project yang terdiri dari tiga kategori antara lain produk unggulan.Pelaksanaan OSN sudah yang ke tujuh kalinya untuk tahun 2014 sejak awalnya tahun 2008. Target yang diminta oleh panitia pusat untuk tahun 2014, peserta teori sebanyak 500 Orang dan untuk kategori sains project sebanyak 10 proposal, tetapi melihat target tahun 2013 yang hanya diberi 410 Orang akan tetapi mencapai 800 peserta.

Moh. Dahlan TH Musa S.Si., MT selaku PIC Sulawesi Tengah dalam OSN menyampaikan, “Nanti akan dilakukan seleksi ditingkat Provinsi pada tanggal 25 September 2014, minimal akan diloloskan satu orang, bidang wakil Propinsi. tetapi tidak menutupi kemungkinan ada dari Universitas Tadulako yang mana Sulawesi Tengah mewakili untuk tingkat Regional. Metode seleksinya, tingkat regional dan tingkat Provinsi. Setiap bidang diwakili 1 Orang, seleksi teori untuk provinsi sudah sekaligus untuk regional, maka akan diputuskan wakil untuk tingkat regional dan wakil tingkat provinsi yang akan menuju ketingkat Nasional. Dalam hal ini Sulawesi Tengah termasuk dalam regional Sulawesi.”

Harapan Universitas Tadulako, akan ada mahasiswa Untad yang mewakili untuk tingkat regional dan provinsi. Pada tahun 2014 didalam Olimpiade Nasional MIPA Perguruan Tinggi Untad mendapatkan medali perunggu di tingkat Nasional untuk bidang Fisika.

Hari Rabu (20/08/14) masih dilaksanakan Video Conference tentang persiapan kepanitiaan setiap provinsi yang berlangsung di ruang senat Universitas Tadulako. Jadwal penutupan pendaftaran hingga tanggal 19 September 2014, ujian seleksi tanggal 25 September 2014 dan pada bulan November dilaksanakan seleksi tingkat Nasional. YL

Related posts

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *