Desember 08, 2016

Versi Kemenristek Dikti Untad Peringkat ke-35, PTN Terbaik Ketiga di Kawasan Timur Indonesia

Versi Kemenristek Dikti Untad Peringkat ke-35, PTN Terbaik Ketiga di Kawasan Timur Indonesia

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) merilis klasifikasi dan pemeringkatan perguruan tinggi Indonesia. Dalam rilisnya itu, Universitas Tadulako (Untad) menempati peringkat 35 dari 3320 perguruan tinggi seluruh Indonesia.

Menempati peringkat 35 tentu merupakan kebanggaan Untad. Peringkat ini melengkapi penilaian pemeringkatan yang dirilis oleh 4icu.org dan webometrics.info. Hasil ini juga semakin mengukuhkan posisi Untad yang tetap berada di 50 besar perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Dalam penilaian 4icu.org Untad menempati peringkat ke-50, dan dalam penilaian webometrics.info, Untad berada di peringkat ke-30 dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia.

Berkenaan dengan peringkat yang dirilis oleh Kemenristek Dikti, jika dirunut dari penilaian berbasis kualitas SDM, Untad menempati peringkat ke-11 dengan nilai koefisien 3,67. Lebih lanjut, untuk peringkat perguruan tinggi negeri (PTN) di kawasan timur Indonesia, Untad menempati peringkat ke-3 di bawah Universitas Hasanuddin (Unhas) yang berada di peringkat ke-11, dan Universitas Negeri Makassar (UNM) di peringkat ke-31.

Sementara itu, perguruan tinggi lain di kawasan timur Indonesia berada di bawah peringkat Untad. Hal ini terlihat dari tabel pemeringkatan yang menempatkan Universitas Mataram di peringkat 36, Universitas Pendidikan Ganesha di peringkat 46, Universitas Mulawarman di peringkat ke-48, dan Universitas Udayana di posisi ke-57.

Lebih lanjut, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin berada di peringkat ke-58, serta Universitas Haluoleo dan Universitas Sam Ratulangi secara berurutan berada di peringkat ke-69 dan ke-70. Universitas Nusa Cendana di Nusa Tenggara Timur sendiri merupakan PTN terakhir di kawasan timur Indonesia yang masuk 100 besar dengan berada di peringkat 82.

Di luar posisi 100 besar, PTN di kawasan timur Indonesia ditempati oleh Universitas Negeri Gorontalo di peringkat 108, Universitas Khairun di peringkat 198, Universitas Pattimura di peringkat 282, dan bahkan Universitas Cenderawasih berada di posisi 412.

Selanjutnya, peringkat ke-35 yang diraih Untad juga masih di atas beberapa PTN di kawasan Sumatera. Di antaranya, Universitas Sumatera Utara di peringkat 38, dan Universitas Syiah Kuala di posisi 61.

Hasil ini tentu merupakan kebanggaan bagi seluruh civitas akademika Untad dan masyarakat Sulawesi Tengah pada umumnya. Tentu saja, raihan ini merupakan buah dari kerja keras dan kebersamaan yang ditunjukkan dalam membangun Untad untuk sejajar, bahkan lebih maju dengan PTN di kawasan timur Indonesia.

Related posts

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *