Desember 08, 2016

Usia 24, Himabio Diharap Dorong Prestasi Mahasiswa

Usia 24, Himabio Diharap Dorong Prestasi Mahasiswa

Dies Natalis Gelar Kompetisi Biologi dan Porseni

PALU  Himpunan Mahasiswa Biologi (HIMABIO) kini sudah berusia 24 tahun. Himpunan dalam Prodi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Tadulako (Untad) telah banyak menciptakan prestasi.

Dekan FKIP Untad Dr H Gazali Lembah MPd mengatakan, prestasi yang diraih oleh sejumlah mahasiswa dalam Prodi Pendidikan Biologi, tidak terlepas dari peran Himabio sebagai lembaga kemahasiswaan yang terus mendorong peningkatan kompetensi mahasiswa.

Dalam memasuki usia 24 tahun, kalau diukur dengan umur manusia, itu berarti sudah memasuki usia kedewasaan. Untuk itu kami berharap dalam usia yang sudah sangat dewasa ini, himpunan ini bisa memberikan yang terbaik dalam mendorong peningkatan kompetensi mahasiswa. Sehingga dengan begitu prestasi yang diraih sebelumnya bisa dipertahankan, dan kalau perlu ditingkatkan, ungkapnya dalam sambutannya pada acara puncak Dies Natalis Himabio yang dilangsungkan di halaman Laboratorium Pendidikan Biologi Untad, Senin (21/9) malam.

Salah satu prestasi yang yang telah diraih prodi Pendidikan Biologi Untad tersebut adalah salah seorang mahasiswa bisa masuk 10 besar dalam Olimpiade Sains Nasional tahun lalu.selain itu, prodi ini juga dikatakan Gazali, telah menghasilkan lulusan yang bisa bersaing di tengah masyarakat. Beberapa ulusan tersebut bahkan kini sudah mengabdi pada Prodi Pendidikan Biologi Untad.

Itu menggambarkan bahwa Pendidikan Biologi Untad tidak kalah dengan Pendidikan Biologi yang ada pada perguruan tinggi maju lainnya. Kita juga mampu bersaing dengan mereka. Prestasi ini yang perlu dijaga, dan kalau bisa ditingkatkan. Peran Himabio dalam hal ini sangat dibutuhkan untuk mendorong kempetensi agar bisa meraih prestasi, lanjut Gazali

Ada beberapa rangkaian kegiatan yang dilangsungkan dalam rangka menyemarakkan hari jadi himpunan ini. Diantaranya pelaksanaan Kompetisi Biologi yang dilangsungkan sejak tanggal 11 September hingga tanggal 15 September 2015. Malam puncak kali ini merupakan penutupan dari kompetisi biologi sekaigus membuka PORSENI yang juga merupakan rangkaian kemeriahan Himabio. Dalam malam puncak tersebut juga diadakan penyerahan hadiah pemenang kompetisi sains, ramah tamah dan dirangkaikan dengan nonton bareng film dokumenter karya anak-anak Himabio.

Sedangkan dalam Porseni nantinya juga akan diadakan pertandinga Volly, sepak takraw, tarik tambang, lari karungn Futsal, paduan suara dan lomba menyanyi solo.

Ketua Himabio Muh Syarif Alwi berharap kegiatan ini dapat memberikan spirit kepada para anggota Himabio serta mahasiswa Himabio lainnya agar bisa terus meraih prestasi. Kompetisi Biologi yang kita adakan termasuk salah satu cara untuk mempersiapkan para mahasiswa ini dalam menghadapi kompetisi yang jauh lebih bergengsi. Kalau ini hanya dilakukan di tingkat prodi, maka nanti mereka akan siap mengikuti kompetisi biologi ditingkat universitas atau bahkan nasional dan internasional. Yang menjadi penilai juga kita ambil dari para dosen pembina, ungkapnya.

Syarif juga menambahka bahwa kegiatan ini merupakan ajang silaturrahim antara mahasiswa dengan mahasiswa maupun dosen dengan mahasiswa.(hn)

Related posts

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *