Untad Siap Terjunkan 1030 Mahasiswa Pada KKN Angkatan 75

Untad Siap Terjunkan 1030 Mahasiswa Pada KKN Angkatan 75

Universitas Tadulako kembali  akan melaksanakan Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan 75 Tahun 2017. KKN kali ini  akan dilaksanakan  selama satu bulan di tiga daerah yaitu Kota Palu, Kabupaten Sigi, dan Kabupaten Mamuju Utara. Pembukaan pembekalan KKN berlangsung di Auditorium Untad pada Senin (20/02) dan dihadiri oleh wakil rektor bidang akademik, Prof Dr Sutarman Yodo SH MH, ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Ir Donny Mangitung MSc ,PhD, Koordinator PPII-IPTEK Dr Ir Sagaf MP, para dekan serta dosen pembimbing lapangan.

Dr Ir Sagaf, MP selaku Koordinator PPII-IPTEK menuturkan bahwa  KKN kali ini menerapkan model baru yang diberi  judul  KKN Angkatan 75 Tematik, Perencanaan, Pembangunan Desa dan Mengukur Penataan Kebersihan Perkotaan dan Kampus.

“Sasaran Utama KKN  di Kabupaten Sigi dan Mamuju Utara adalah membantu memperoleh data untuk desa dalam menunjang arah pembangunan desa menuju musrembang desa. Untuk Kota Palu KKN ini telah disepakati dengan walikota untuk mendukung penataan Palu bersih sementara di kampus tujuannya untuk mendukung penataan kebersihan dan penghijauan lingkungan kampus.”

 

Lebih lanjut  Dr Ir Sagaf MP menjelaskan  bahwa KKN kali ini lebih menitikberatkan pada tujuan, misalnya untuk tujuan penataan dan kebersihan pantai, maka mahasiswa  KKN akan ditempatkan di spot-spot di seputaran pantai Talise sesuai dengan tujuannya, begitu pula dengan penataan lingkungan dan kebersihan daerah pertokoan.

Prof Ir Sutarman Yodo SH MH mewakili Rektor Untad membuka  kegiatan pembekalan ini serta menyampaikan sambutannya kepada Mahasiswa. Dalam sambutannya Prof Sutarman menegaskan  bahwa mahasiswa harus mampu menjadi pemimpin,pelopor dan inovator dalam masyarakat.

“KKN merupakan proses pembelajaran bagi anda sebagai mahasiswa, turun ke masyarakat tidak lain adalah proses untuk mempelajari kehidupan di masyarakat dan kegiatan pembangunan di kelurahan tersebut, namun bukan berarti mahasiswa menjadi tenaga kerja, justru sebaliknya anda diharapkan bisa membimbing masyarakat dalam memberikan perubahan ke arah yang lebih baik”.

Prof Sutarman Yodo juga berpesan agar peserta KKN dapat menjaga tata karma dalam bermasyarakat dan membawa nama baik Universitas Tadulako selama proses KKN berlangsung.

Rencananya pembekalan KKN ini akan berlangsung selama empat hari, mulai Senin sampai dengan Kamis. Adapun pelepasan KKN akan dilakukan di hari Jum’at (24/2) dan pemberangkatan akan dilaksanakan pada hari Sabtu (25/2). KKN Angkatan 75 ini diikuti oleh kurang lebih 1030 mahasiswa dari sembilan fakultas, terkecuali FKIP.

Penulis : Riska Fitrah Sari/ Humas Untad

Dokumentasi : Arba Arief/ Web Admin Untad

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: No Right Klik and Copy!!