Februari 26, 2017

Untad Perguruan Tinggi Terbaik Kedua di Kawasan Timur Indonesia

Untad Perguruan Tinggi Terbaik Kedua di Kawasan Timur Indonesia

Untad Raih Peringkat ke- 21 dalam 4icu.org

 

Universitas Tadulako (Untad) berhasil menempati peringkat ke-21 sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Ini ditunjukkan dalam rilis terbaru dari lembaga pemeringkat perguruan tinggi terkemuka dunia, 4International Colleges & Universities atau 4ICU yang menilai performa 463 perguruan tinggi di Indonesia.

Rilis terbaru yang dipublikasikan di laman 4icu.org itu memperlihatkan eksistensi Untad yang naik 22 posisi dari peringkat 43 pada rilis Juli 2016 ke peringkat 21 dalam rilis Januari 2017 ini.

Peringkat 21 yang diraih merupakan kebanggaan bagi keluarga besar Untad, termasuk para alumni. Raihan ini membuktikan bahwa Untad telah diakui sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Apalagi, hasil penilaian 4icu.org dari waktu ke waktu memperlihatkan bahwa peringkat Untad terus bergerak naik.

Tren kenaikan itu terlihat dari peringkat Untad pada 2014 yang masih berada di posisi ke-94. Setelah itu, dalam pemeringkatan pada 2015, peringkat Untad naik drastis hingga ke peringkat 50. Selanjutnya, pada rilis Juli 2016, posisi Untad kembali naik tujuh tingkat ke posisi 43, hingga kemudian dalam rilis terbaru yang menilai performa perguruan tinggi pada periode Juli sampai Desember 2016, dan dirilis pada Januari 2017 ini, prestasi Untad mengalami lonjakan ke peringkat 21.

Peringkat Untad ini juga mengukuhkan Untad sebagai perguruan tinggi terbaik kedua di Kawasan Timur Indonesia (KTI). Praktis, dari rilis yang ada, perguruan tinggi di KTI yang menempati posisi teratas adalah Universitas Hasanuddin (Unhas) yang berada dua peringkat di atas peringkat Untad.

Dalam rilis 4ICU yang menyurvei 463 perguruan tinggi se-Indonesia, baik negeri maupun swasta, peringkat Untad berada di atas Universitas Sam Ratulangi (38), Universitas Negeri Gorontalo (53), Universitas Lambung Mangkurat (73), Universitas Negeri Makassar (84), Universitas Haluoleo (87), Universitas Pattimura (94), Universitas Nusa Cendana (97), Universitas Mataram (101), dan  Universitas Cenderawasih (185).

Rektor Untad, Prof Dr Ir H Muh Basir Cyio SE MS ketika dihubungi oleh Tim Informasi dan Humas Untad mengaku belum melihat rilis pemeringkatan yang dikeluarkan oleh 4icu.org itu. Rektor menyampaikan raihan itu tentu wajib disyukuri oleh seluruh keluarga besar Untad.

“Alhamdulillah jika posisi Untad naik ke peringkat 21. Namun, kita tidak perlu membanggakan pencapaian ini, karena saat ini kita naik peringkat, bisa saja dalam waktu yang lain kita turun peringkat. Meskipun begitu, pencapaian ini wajib kita syukuri. Ini buah dan bukti dari kerja keras dan kebersamaan kita selama ini. Untuk itu, selaku yang diberi amanah sebagai rektor, saya berterima kasih kepada seluruh pihak di Untad yang telah bekerja bersama selama ini, mulai dari para wakil rektor, para dekan, sampai jajaran cleaning service Untad,” jelas Prof Basir Cyio. (tq)

 

Related posts

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *