Desember 08, 2016

Untad Jalin Kerjasama Penyedia Database Jurnal Internasional

Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan, Universitas Tadulako melalui UPT perpustkaan, jalin kerjasama dengan ProQuest. Proquest merupakan perusahaan database jurnal di Amerika yang menggabungkan jurnal di seluruh dunia.

Dwi Janto Suandaru, Exclusive Distributor proquest yang ditemui awak media Tadulako setelah acara sosialisasi, Kamis (20/11) mengatakan, Di Indonesia sendiri  beberapa Universitas telah memasukan Jurnalnya di dalam database perusahan yang bermarkas di New York ini, sehingga menjadi jurnal Internasional. “Polia Medica Indonesiana Jurnal milik Unair, Agrivita, punyanya fakultas pertaninan Brawijaya, jurnal ekonomi UGM, serta masih banyak lagi yang telah memasukan Jurnal mereka sehingga menjadi jurnal Internasional,” terangnya.

Masih menurut Dwi Juanto, Universitas Tadulako sendiri telah melanggan satu data base jurnal dari proquest, yaitu Proquest Research Library yang bisa digunakan untuk mencari referensi dari berbagai bidang ilmu. “Proquest sendiri sebenarnya juga menyediakan database dari berbagai bidang ilmu, seperi kedokteran, ada Proquest Medical Library, ekonomi punya data basenya sendiri. Tahun ini, baru Proquest Research Library saja dahulu, mungkin tahun depan bisa diperbaharui,” Tutur Dwi menambahkan.

Proquest sebenarnya juga telah dilanggan oleh Dirjen Perguruan Tinggi (DIKTI). Beberapa database Jurnal yang telah dilanggan DIKTI diantaranya, ProQuest Agriculture Journals, ProQuest Biology, ProQuest Sociology, ProQuest Nursing & Allied Health (2014).

Civitas Akademika Universitas Tadulako yang ingin mencari referensi untuk penulisan karya tulis ilmiah, saat ini bisa masuk di laman http://search.proquest.com yang telah dilanggan oleh UPT Perpustakaan Untad. Akses masuk yang menggunakan wifi kampus secara otomatis akan tersambung dengan situs website yang dimaksud. “Bila mengaksesnya dari kampus, ini akan otomatis tersambung di websitenya,” terang Rusdin, S.Sos, pustakawan Universitas Tadulako.

Masih menurut Rusdin, sebab semua yang masuk dalam Proquest adalah jurnal dari berbagai Negara dan dibaca oleh semua orang di seluruh dunia, Jurnal yang masuk di dalamnya semuanya disediakan dalam bahasa Inggris. “Menurut pihak Proquest, penyedia layanan ini, Jurnal yang ada di website tersebut mestinya bisa diterjemahkan kedalam semua bahasa, kecuali melayu dan bahasa Indonesia,” jelasnya. (AF / Media Tadulako)

Related posts

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *