November 20, 2017

Talk Show Ikatan Alumni Tadulako Hadirkan Tokoh Inspiratif Untad

Talk Show Ikatan Alumni Tadulako Hadirkan Tokoh Inspiratif Untad

Mengangkat tema “Satu Teknik Dalam Kematangan Berkarya”, acara Talk Show Ikatan Alumni (IKA) Untad Pusat bersama Fak. Teknik di selenggarakan pada Kamis pagi (20/04) bertempat di IT Center Universitas Tadulako. Acara tersebut di rangkaikan dengan pengukuhan Pengurus Pusat Ikatan Alumni Universitas Tadulako Periode 2017 – 2021 yang berjumlah sekitar 100 orang.

Ir. Gufran Ahmad selaku Ketua Umum Alumni Teknik Tadulako menyampaikan dalam sambutan nya bahwa rangkaian acara pengukuhan IKA Alumni Teknik kali ini di rangkaikan dengan talk show agar para peserta yang berasal dari akademisi dan mahasiswa mendapatkan manfaat dari narasumber yang merupakan tokoh inspiratif asal Untad.

“ Dalam talk show kali ini, kami mengundang Pak Karman Karim selaku Owner beberapa Mall besar di Sulawesi Tengah karena beliau pernah menjadi bagian dari Untad yang dapat menginspirasi kita semua. Mubes pengukuhan ini sebelum nya telah di selenggarakan pada 11 februari 2017 dengan rencana penyusunan program yaitu “Program Kakak Asuh” yang nanti nya para alumni akan membimbing  mahasiswa yang aktif untuk di berikan arahan menjadi seorang pengusaha atau membantu untuk menemukan pekerjaan yang sesuai dengan bakat dan potensi nya. Mereka pun dapat di arahkan untuk bekerja bersama para Alumni Untad yang telah sukses seperti Pak Karman Karim dan Alumni sukses lainnya.” Jelas Ir. Gufran

Beliau juga menuturkan bahwa talk show kali ini merupakan rangkaian acara menuju Puncak Perayaan Fakultas Teknik Untad yang ke 35 di tahun 2018 nanti. Ir. Gufran  juga berharap nanti nya IKA Teknik dapat meningkatkan kolaborasi dengan IKA Pusat yang baru saja di lantik.

Pada kesempatan yang sama, Dr. Eko Jokoleleno, SE, M.Si selaku Ketua Presidium PP IKA Untad menyampaikan dalam sambutannya bahwa saat ini Mahasiswa tidak bisa lagi hanya mematok diri nya untuk bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil saja karena Pemerintah sudah tidak mampu lagi merekrut lebih banyak pegawai jika dilihat dari APBN Negara Indonesia.

“ Melalui talk show ini saya berharap agar Mahasiswa atau pun Alumni Untad dapat terus mengembangkan diri nya untuk menjadi seorang pengusaha karena dapat langsung belajar dengan ahli nya seperti hari ini. Kami menghadirkan Pak Karman Karim dalam talk show ini karena beliau merupakan salah satu pengusaha sukses di Sulawesi Tengah yang berpotensi besar dapat menyerap tenaga kerja khusus nya para  alumni Untad yang masih baru memulai untuk berkarir. Alumni Untad juga di harapakan dapat mengambil bagian untuk menjadi entrepreneur atau masuk dalam perusahaan beliau sebagai manager, pengawas atau apa pun sesuai dasar keilmuan alumni Mahasiswa jika mendapat kesempatan.” Jelas Dr. Eko dalam sambutannya.

 

Karman Karim sebagai Narasumber Talk Show dan Owner dari Palu Grand Mall, Poso City Mall dan Dirut Mall Tatura Palu membagikan pengalamannya saat memulai untuk menjadi pengusaha dan beberapa strategi yang beliau gunakan hingga menjadi pengusaha sukses seperti sekarang.

“ Dulu saya sering menjadi “Pembantu Orang Orang Pintar” karena sebagai mahasiswa saya sangat menghargai pengalaman dan senang belajar dengan orang-orang pintar. Menjadi pengusaha tidak selalu membutuhkan modal yang besar, yang paling penting adalah kita mengetahui bisnis apa yang ingin kita lakukan dan sebesar apa resiko nya. Jadilah pebisnis yang memulai usaha nya dengan modal sekecil-kecil nya dan mendapat keuntungan sebesar besar nya. Untuk menjadi pengusaha yang sukses tentu membutuhkan usaha yang sangat besar dan berani mengambil resiko. Berdoa juga menjadi hal yang penting bagi saya dalam memulai usaha karena saya yakin bahwa melibatkan Tuhan dalam setiap langkah kita memulai usaha akan mendatangkan kesuksesan yang tidak kita sangka sangka.” Jelas Pak Karman Karim dalam materi nya.

Beliau juga menuturkan tentang persepsi nya mengenai arti kesuksesan setelah menjalankan usaha nya selama ini.

“ Yang dimaksud dengan sukses itu adalah dapat menyelesaikan masalah. Untuk mendapatkan sukses yang besar, carilah masalah yang besar dan selesaikan hingga tuntas. Tidak sedikit pengalaman saya menjalankan sebuah usaha yang hampir bangkrut dan akan di lelang, tetapi dengan keberanian mencoba dan kesungguhan saya pun berhasil  mengaktifkan kembali salah satu Mall di Kota Palu yang sempat dilelang tersebut dan menjadi direktur utama disana.” Detailnya.

 

Talk Show kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan penyerahaan hadiah untuk setiap peserta yang telah memberikan pertanyaan. Setelah itu Talk Show di tutup dengan acara sesi foto bersama. Saat di temui di akhir acara, Ir. Gufran Ahmad berharap agar talk show ini dapat merubah mindset para peserta khusus nya Mahasiswa Universitas Tadulako untuk berani terjun ke dunia usaha dan tidak selalu mentok untuk menjadi pegawai negeri ataupun swasta.

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: No Right Klik and Copy!!