Desember 08, 2016

Tahun Ini Untad Menerima Mahasiswa Asing

 

HERMAWAN NUR
Muhammad Basir

Bukti Untad Dilirik Bangsa Lain

PALU – Tahun ajaran 2015-2016, Universitas Tadulako (Untad) mulai menerima mahasiswa dari luar negeri. Hal itu diungkapkan Rektor Untad, Prof Dr Ir Muhammad Basir Cyio SE MS dalam sambutannya pada sebuah kegiatan beberapa waktu lalu.

Dengan begitu, Rektor berharap prodi yang akan menerima mahasiswa asing itu agar bisa memperlakukan mahasiswa itu dengan baik dan tidak membedakan dengan mahasiswa dari negeri sendiri.

“Prodi yang mendapat mahasiswa asing itu nantinya agar bisa memperlakukan seperti saudara sendiri. Bimbing mereka dengan bahasa kita, karena mereka juga akan dibekali dengan pengetahuan bahasa Indonesia,” ungkapnya.

Saat ditemui langsung, Rektor mengatakan mahasiswa yang didatangkan nantinya berasal dari berbagai Negara Asean sebanyak 17 orang. Dua diantaranya merupakan mahasiswa Program  Strata II (S2) dan selebihnya merupakan mahasiswa Program S1 yang mendaftar di beberapa prodi.

“Beasiswa mereka merupakan beasiswa dari kita, dan jumlahnya memang sedikit. Insya Allah ini menjadi awal yang baik, mngkin tahun depan kita akan tambah jumlahnya menjadi 20, 30 dan mungkin nantinya ada ratusan mahasiswa asing yang akan berkeliaran dikampus kita,” jelasnya.

Baginya, dengan adanya beberapa pendaftar mahasiswa asing ke Untad, menandakan bahwa ntad sudah mulai dilirik Negara lain.

Para mahasiswa mancanegara ini akan didatangkan ke Indonesia pada bulan Mei mendatang dan akan diikukan bimbingan Bahasa Indonesia sebelum proses perkliahan dimulai pada September mendatang.(hn)

Related posts

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *