Desember 09, 2016

Tahun Ini, Pendaftaran Jalur Mandiri Untad Online

Memudahkan Calon Mahasiswa dalam Proses Pendaftaran

PALU – Jalur lokal penerimaan mahasiswa baru atau Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) tahun ini, Universitas Tadulako (Untad) dilakukan dengn system online. Hal tersebut dikemukakan Wakil Rektor Bidang Akademik (Warek Bidak) Untad, Prof. Dr. Sutarman Yodo, SH., MH. dalam Konferensi Pers yang dilangsungkan di gedung Rektorat Untad, Selasa (23/6/2015).

Ditengah pertemuan dengan sejumlah awak media itu, Prof. Sutarman menegaskan bahwa tidak ada lagi pendaftaran dengan cara manual pada  jalur yang dikenal dengan sebutaan jalur mandiri ini. “Jadi seperti proses pendaftaran pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), pendaftaran jalur SMMPTN ini dilakukan secara online dan tidak ada lagi dengan cara manual,” tegasnya.

Staf Ahli Warek Bidak Untad, Dr. Darsikin, M.Si. mengatakan, dengan proses pendaftaran secara online ini calon mahasiswa dimudahkan dalam proses pendaftaran. “Calon mahasiswa tidak perlu datang lagi ke Untad, mengantre mengambil formulir, beli map dan bolak-balik ke Untad untuk mlakukan pendaftaran. Calon mahasiswa cukup pergi ke daerah mana saja yang penting ada akses internet, kemudian melakukan pendaftaran sesuai dengan petunjuk,” jelasnya.

Proses pendaftaran mahasiswa baru melalui jalur ini cukup mudah seperti halnya pada proses pendaftaran dua jalur sebelumnya. Calon mahasiswa cukup membuka website untad.ac.id dan klik pada tombol Daftar SMMPTN yang ada pada sudut kanan atas halaman website. Setelah masuk, klik pada DAFTAR dan mengisi data. Proses ini juga bisa langsung dilakukan dengan masuk ke laman untad.mobi, dan kemudian masuk dengan memilih SMMPTN

Setelah itu melakukan proses pembayaran di Bank BNI cabang mana saja dengan pemperlihatkan  bukti pendaftaran. Proses pembayaran ini juga bisa dilakukan dengan via ATM yakni setelah masuk pada halaman pendidikan dan Untad, masukkan nomor pendaftaran yang ada di dalam tanda bukti pendaftaran. Untuk calon mahasiswa Regular biaya pendaftaran sebesar Rp. 175.000, sedangkan untuk Non Reguler sebesar Rp. 250.000.

Setelah melakukan pembayaran, calon mahasiswa yang bersangkutan kembali membuka website dan pilih DAFTAR ULANG, kemudian lengkapi datanya. Setelah itu tinggal mencetak kartu tanda peserta yang kemudian akan dibawa sebagai bukti kepesertaaan pada pelaksanaan ujian tulis nanti.

Proses pendaftaran jalur ini dibuka mulai 24 Juni hingga 15 Juli 2015. Pelaksaanaan ujian tulis akan dilangsungkan pada 28 Juli 2015. Pelaksanaan ujian tulis akan dilakukan secara serentak di tiga daerah, yakni di Kampus Untad Palu, Kampus Jauh Untad di Kabupaten Morowali, dan Kampus Jauh Untad di Kabupaten tojo Unauna. Sementara pengumuman hasil seleksi akan diterbitkan pada 8 Agustus 2015. Untuk calon mahasisawa yang dinyatakan lulus Dalam pengumuman tersebut bisa melakukan pendaftaran ulang pada tanggal 10 -15 Agustus 2015.

Kepala Biro Admisnistrasi Kemahasiswaan dan Pegawai (BAKP), Rudy Gosal, M.Si. pada jalur ini dibuka untuk semua prodi kecuali Prodi Pendidikan Dokter. “Selain Prodi Pendidikan Dokter, semuanya terbuka, termasuk prodi baru yang belum dibuka pada dua jalur sebelumnya. Prodi Pendidikan Dokter memang sudah memenuhi Kuota. Pendaftar banyak, tapi ruang kelas yang menampung mahasiswa baru hanya dua kelas,” terang Rudy.(hn)

Related posts

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *