Sosialisasi Peningkatan Kapasitas Kinerja dan Pelayanan Prima, Rektor: Pegawai Untad Wajib Berikan Pelayanan Prima

Sosialisasi Peningkatan Kapasitas Kinerja dan Pelayanan Prima, Rektor: Pegawai Untad Wajib Berikan Pelayanan Prima

Pegawai kontrak Universitas Tadulako (Untad) yang lulus seleksi dalam Tes Evaluasi Kinerja dan Kompetensi Tahap I dan II mengikuti Sosialisasi Peningkatan Kapasitas Kinerja dan Pelayanan Prima. Kegiatan yang diikuti oleh 585 pegawai kontrak itu diselenggarakan di Theatre Room, Gedung Research Center Untad, pada Senin (16/1).

Rektor Untad, Prof Dr Ir H Muh Basir Cyio SE MS, menyampaikan bahwa pegawai kontrak Untad harus bisa memahami tugas dan fungsi, serta esensi pekerjaan. Berkenaan dengan esensi pekerjaan, Prof Basir Cyio berpesan agar pegawai kontrak Untad harus selalu memahami bahwa setiap saat kepada siapa pun, pegawai kontrak harus menunjukkan kinerja dan memberikan pelayanan kerja yang terbaik.

“Ini harus dilakukan. Tidak boleh lagi ditunda-tunda. Kalau ditanya kapan saatnya, mulai saat ini implementasi pelayanan prima harus dilakukan. Kepada siapa pun, terutama terhadap mahasiswa, pegawai Untad wajib memberikan pelayanan prima yang tentu saja ada nilai santun, ramah, murah senyum, cepat, dan tepat di dalamnya,” tegas Rektor.

Lebih lanjut, Rektor mengemukakan bahwa banyak orang yang gagal karena hanya sering mengandalkan hal yang dikuasai. Prof Basir Cyio mengibaratkan, jika ada pegawai yang menangani listrik dan menguasai seluk-beluknya, maka hanya bidang itu saja yang akan dipikirkannya dari hari ke hari. Akhirnya, karena terus menerus menangani satu bidang, orang bersangkutan tidak lagi berpikir untuk meningkatkan kinerja dan kompetensi di bidang lainnya.

“Olehnya, berdasarkan kesepakatan dalam rapat pimpinan, kami akan melakukan rolling penempatan pegawai, baik PNS maupun pegawai kontrak. Ini dilakukan agar pegawai Untad dapat merasakan tempat, bidang, dan suasana kerja yang baru,” ujar Prof Basir Cyio.

Rektor juga dalam penjelasannya terus mengingatkan pegawai kontrak agar menunjukkan kinerja terbaik dalam memberikan pelayanan prima. Hal ini karena sesuai perintah undang-undang (UU), setiap instansi harus melakukan evaluasi kinerja secara berkala terhadap pegawai.

“Jadi, kami akan lakukan evaluasi kinerja dan kompetensi secara berkala. Evaluasi itu akan kami lakukan pada akhir Juni dan akhir Desember setiap tahun berjalan. Ini dilakukan untuk mengukur pencapaian kinerja pegawai. Untuk itu, mari tunjukkan kinerja terbaik dalam memberikan pelayanan, terutama dalam melayani mahasiswa,” kata Rektor.

Selain Rektor, pemateri dalam Sosialisasi Peningkatan Kapasitas Kinerja dan Pelayanan Prima adalah Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Prof Dr Ir Mahfudz MP; Kepala Biro Umum dan Keuangan, Drs H Sukran MSi; Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan, dan Perencanaan, Rudy Gosal SE MSi, dan beberapa pemateri lainnya, baik dari internal Untad maupun dari kalangan eksternal. (tq)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: No Right Klik and Copy!!