Seminar Internasional Ekonomi Pasca Sarjana Untad Hadirkan Pemateri Dari 5 Negara

Seminar Internasional Ekonomi Pasca Sarjana Untad Hadirkan Pemateri Dari 5 Negara

Bertempat di Media Center Universitas Tadulako, Pasca Sarjana Untad mengadakan Seminar Internasional dengan tema : Economics Beyond Borders : Transforming Society in The Global Framework”. Harnida W Adda SE, M.A, Ph.D selaku ketua Panitia Seminar menuturkan bahwa setiap tahunnya Pasca Sarjana menyelenggarakan Seminar Internasional dengan berbagai tema. Khusus untuk tahun 2016, tema seminar yang di pilih mengangkat masalah Ekonomi secara global khususnya dikawasan ASEAN.

Pada momentum seminar Internasional (05/12) senin pagi, Panitia Seminar Internasional mengundang pembicara dari 5 universitas/negara diantaranya ;

Speakers :

  • Prof. Frans Mardi Hartanto, Institut Tekhnologi Bandung (Indonesia)
  • Dr. Daniel M. Goldstein, Rutgers University (USA)
  • Dr. Yvonne Corcoran – Nantes, Flinders University (Australia)
  • Prof. Anu Muhammad, Jahangirnagar University, Dhaka (Bangladesh)
  • Dr. Tan Khee Giap, National University of Singpore (Singapura)

Seminar Internasional kali ini banyak membahas mengenai tingkat persaingan dan pertumbuhan ekonomi di kawasan ASEAN yang cukup kompetitif dalam memasuki era globalisasi seperti saat ini. Perdagangan bebas memungkinkan mengalirnya barang dan jasa antar negara tanpa adanya hambatan yang memberikan pengaruh pada perputaran ekonomi antar negara.

Suasana Seminar Internasional Pasca Sarjana 5 Desember 2016 di Media Center

Pada sesi pertama seminar, Prof. Anu Muhammad (Bangladesh) dalam materinya banyak memaparkan masalah isu MDG’s dan SDG’s serta pencapaian yang di capai oleh Bangladesh dan Indonesia. Kemudian Dr. Yvonne Corcoran (Australia) memaparkan mengenai penelitiannya tentang aktivitas wanita muslim di daerah timur tengah seperti Saudi Arabia, Yaman dan Dubai terkait dengan perekonomian dinegara tersebut.

Kemudian pada sesi kedua, Dr. Tan Khee Giap (Singapore) memaparkan mengenai Indeks Penilaian dan Ranking Pencapaian negara-negara ASEAN dalam hal menerima investor dan pengaruh kebijakan pemerintah dalam pertumbuhan ekonomi di negara tersebut. Ia juga memaparkan bahwa Indonesia dapat menjadi negara Rising Middle Power di tahun 2030 apabila infrastruktur dan kebijakan pemerintah terus ditingkatkan dan berpihak pada pertumbuhan ekonomi secara signifikan. Dr. Daniel M. Goldstein (USA) dalam materinya banyak mengangkat tentang isu Urbanisasi dan pengaruhnya dalam pertumbuhan ekonomi suatu negara.

Pada sesi terakhir, Prof. Frans Mardi Hartanto (Indonesia) memberikan materi tentang globalisasi secara mendetail serta ciri-ciri/karakter suksesnya globalisasi di suatu negara termasuk Indonesia.

Saat di temui di akhir seminar, ketua Panitia Seminar menuturkan bahwa tujuan di adakannya seminar Internasional ini untuk membangun kerjasama dengan berbagai Universitas Internasional dan memperluas wawasan peserta seminar tentang ekonomi dari berbagai prespektif pemateri yang datang dari berbagai negara. Seminar Internasional kemudian ditutup dengan penyerahan cendramata kepada semua pemateri dan foto bersama.

Penulis : Arba Arief

Related posts

2 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: No Right Klik and Copy!!