Resmikan Penggunaan Ruang Senat, Rektor Harapkan Kultur Akademik Terus Dikedepankan

Resmikan Penggunaan Ruang Senat, Rektor Harapkan Kultur Akademik Terus Dikedepankan

Rektor Universitas Tadulako (Untad), Prof Dr Ir Muhammad Basir Cyio SE MS, meresmikan penggunaan Ruang Senat Untad. Ruang senat yang terletak di Lantai III Rektorat ini diresmikan oleh Rektor pada Senin (11/1).

Dalam sambutan peresmian, Prof Basir Cyio menyampaikan bahwa senat Untad saat ini berjumlah 49 orang. Jumlah ini merupakan representasi keterwakilan dari unsur pimpinan, serta perwakilan dari setiap fakultas.

Lebih lanjut, Prof Basir Cyio juga mengungkapkan, sesuai statuta, jabatan ketua senat tidak lagi otomatis dijabat oleh rektor. Olehnya, jabatan ketua senat saat ini, telah dijabat oleh Prof H Hasan Basri MA PhD. “Bahkan, sebelum statuta disahkan, kami telah melantik Prof Hasan sebagai ketua senat. Ini merupakan insiatif kami untuk memisahkan organ rektor dengan organ senat, sehingga bisa saling memberikan masukan untuk pengembangan Untad ke depan,” ujar Prof Basir Cyio.

Berkenaan dengan itu, Prof Basir Cyio mengharapkan agar ruang senat yang baru itu dapat digunakan dengan sebaik mungkin. Senat diharapkan dapat memaksimalkan penggunaan ruang senat itu. Diharapkan berbagai ide, pendapat, dan pandangan yang kreatif dan inovatif dapat dihasilkan dari diskusi untuk pengembangan Untad.

“Atmosfer akademik harus dihidupkan sehingga kita dapat bertindak dengan berlandaskan kebenaran ilmiah. Ke depan, setiap kontestasi harus mengedepankan kultur akademik. Jangan ada muncul kontestan yang lebih mengedepankan unsur politik, apalagi saling menjatuhkan. Kultur akademik harus terus dijunjung tinggi karena kita semua berada di lingkungan pendidikan tinggi,” ujar Rektor.

Peresmian yang disiarkan secara langsung live streaming di laman Untad itu juga dihadiri oleh Ketua Dewan Guru Besar, para kepala biro, serta undangan lainnya.

Related posts

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *