Desember 03, 2016

Rakor Admin Pengelola Jaringan dan Website

Sehubungan dengan Pelayanan Teknologi Informasi dalam lingkungan Universitas Tadulako, Unit Pelaksana Teknis Teknologi Informasi dan Komunikasi (UPT. TIK) menyelenggarakan Rapat Koordinasi Admin Jaringan dan Website yang diselenggarakan pada hari Kamis (06/03), bertempat di ruang Video Conference UPT.TIK Untad.

Karena akan membahas Infrastruktur dan Jaringan serta mengenai Website maka, Rakor ini dibagi dalam dua tahap. Untuk rapat admin Infrastruktur dan Jaringan menghadirkan pembicara, Rendra Towidjojo,ST  dan untuk rapat admin website  dibawakan oleh Ilham, S.Kom.,M.Kom.

Rakor ini dihadiri oleh admin pengelola jaringan dan website Pascasarjana, Fakultas dan Unit Kerja dalam lingkungan Universitas Tadulako. Pada pembahasan infrastruktur dan jaringan diagendakan akan membahas antara lain identifikasi ketersediaan admin jaringan, identifikasi kehandalan jaringan (bandwidth), pembatasan akses internet, pembenahan hotspot, pembenahan perangkat voip dan pertimbangan adanya training jaringan.

Pada kenyataannya jaringan hotspot di lingkungan Untad hanya sebagaian yang berfungsi dari sebagaian banyak titik hotspot yang ada. Namun, UPT.TIK khususnya divisi infrastruktur dan jaringan sudah mulai membenahi titik-titik hotspot yang tidak berfungsi.

Ketua divisi infrastruktur dan jaringan Rendra Towidjojo menyatakan “akan ada dua atau tiga orang teknisi jaringan dari UPT.TIK yang akan datang secara berkala untuk mengontrol ataupun memperbaiki jaringan yang rusak di setiap Fakultas, Unit kerja dan Pascasarjana di lingkungan Untad”.

Sehubungan dengan masalah bandwidht maka diambil kebijakan akan membuat dua manajemen bandwidth lokal dan international. Serta hanya akan ada dua titik hotspot dan hanya akan ada dua password, satu password khusus untuk mahasiswa dalam lingkungan Untad dan satunya lagi untuk unit kerja. Serta untuk meningkatkan kualitas admin jaringan maka akan diselenggarakan training khusus jaringan.

Pada tahap kedua, divisi website mengemukakan bahwa tujuan dari rakor ini yaitu untuk membangun komunikasi yang sinergis antara admin website tingkat unit kerja dengan admin website tingkat Universitas.

“Saling koordinasi, dimaksudkan untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi oleh admin unit kerja selama pelaksanaan pengelolaan website. Selain dari itu,  Admin universitas akan memantau selama 3 bulan aktifitas content yang ada pada website fakultas dan unit kerja. Jika web tersebut belum terupdate dan belum ada pergerakan sama sekali akan diambil alih dengan menonaktifkan sementara, yang disertai dengan surat kepimpinan unit kerja dengan  tembusan Rektor maupun admin tersebut”.

Selanjutnya Ilham selaku Ketua Divisi Website juga menambahkan “untuk tahap awal kami akan mendata CMS yang digunakan dari setiap admin web fakultas dan unit kerja, kami bertugas hanya sebatas membuatkan domain dan menginstalkan CMS, tidak sampai untuk membuatkan isi kontennya”, dan Divisi Website siap membantu untuk melakukan Training bagi Admin Website.YL

Related posts

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *