Desember 08, 2016

Psikotes Tentukan Kecocokan Jurusan

Beberapa pelayanan yang diberikan oleh Unit Pelayanan Psikologi Dan Bimbingan Konseling (UPPBK) berupa konseling mengatasi masalah peserta didik serta memenuhi potensi mereka dan mengadakan pelatihan konseling dan psikotes.Menanggapi hal tersebut, bertepatan dengan penerimaan siswa dan mahasiswa baru, Baru-baru ini (02/07) Unit Pelayanan Psikologi Dan Bimbingan Konseling (UPPBK) FKIP UNTAD dipercaya oleh pihak sekolah SMA Negeri 2 Palu untuk melaksanakan psikotes kepada kurang lebih sebanyak 288 calon siswa baru di SMA tersebut.Ikhlas Rasido S.psi M.psi menjelaskan kegiatan kali ini merupakan Kegiatan penjurusan. Biasanya setiap tahun sekolah mengadakan tes seperti ini . dan kali ini kebetulan Unit Pelayanan Psikologi Dan Bimbingan Konseling (UPPBK) FKIP UNTAD diminta untuk melaksanakan kegiatan tes psikologi ini. Jadi siswa yang mau mendaftar pada SMA nantinya akan ditempatkan di kelas IPA, IPS dan Bahasa. Inilah tugas kami membantu untuk menjurus mereka apakah mereka masuk di kelas IPA, IPS atau Bahasa.

Lebih lanjut beliau menerangkan Pada psikotes kali ini ada tiga tes yang diujikan  yaitu tes inteligensi, tes minat dan tes kepribadian. dari ketiga tes tersebut mereka akan dilihat apakah siswa tersebut cocok dengan jurusan yang dia pilih atau tidak. Mereka tetap memilih jurusan yang mereka inginkan tapi untuk mencocokkan apakah mereka tepat pada pilihan mereka. Karena biasanya siswa hanya menuruti jurusan yang disarankan oleh orang tua mereka padahal kemampuannya atau hasil dari tes ini  bisa saja berbeda.

Akhirnya beliau berharap Kegiatan ini tidak berhenti sampai di sini saja jadi nantinya setelah kita mengadakan penjurusan sesuai dengan minat siswa ini , kita akan memantau perkembangan peserta didik itu selama mereka sekolah di sekolah ini.Dan jika ada siswa yang bermasalah kami siap memberikan masukan dan konseling. Dan kami berkomitmen akan memantau peserta didik itu hingga mereka menyelesaikan pendidikan mereka di sekolah ini.

Press Releas : fnd

Related posts

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *