Desember 09, 2016

Program Doktoral Ilmu Pertanian Kembali Cetak Doktor Baru

Program Doktoral Ilmu Pertanian Program Pascasarjana (PPs) Universitas Tadulako (Untad) kembali melahirkan alumninya. Pada Rabu (3/6), bertempat di Confrence Room, Media Center Untad, digelar Ujian Terbuka Promosi Doktor sekaligus meyudisium Harifuddin Thahir.

Dalam disertasinya yang berjudul “Pengaruh Sikap dan Norma Subjektif terhadap Minat Transaksi Bisnis Produk Pertanian pada KUD di Provinsi Sulawesi Tengah”, Harifuddin memaparkan mengenai cara untuk meningkatkan bisnis produk pertanian dan Koperasi Unit Desa (KUD). Apalagi, jelas Harifuddin, KUD saat ini seperti kalah bersaing dengan koperasi-koperasi lain dalam segmen berbeda.

Untuk itulah, lanjut Harifuddin, KUD perlu dibangkitkan kembali. Pembangkitan KUD ini dilakukan agar geliat roda perekonomian di desa dapat berjalan lancar. “Kelancaran itu tentu akan membawa dampak positif bagi masyarakat di desa. Terkait itu, perlu suatu terobosan agar minat masyarakat untuk bertransaksi di KUD dapat meningkat, terutama dalam transaksi hasil-hasil pertanian, karena masyarakat desa banyak bergelut di bidang ini,” jelasnya.

Dalam sidang promosi itu, Harifuddin Thahir memperloleh nilai A untuk disertasi yang dipaparkan. Atas hasil itu, Rektor Untad, Prof Dr Ir Muhammad Basir SE MS., yang juga merupakan salah satu penguji menyampaikan agar Harifuddin Thahir tidak berpuas diri dengan hasil yang telah dicapai. Keberhasilan itu, jelas Rektor, harus dimaknai sebagai pijakan untuk mempersembahkan pemikiran yang terbaik bagi Untad dan masyarakat.

Hadir dalam sidang promosi itu, Prof Dr Ir Mahfudz MP., selaku Ketua Panitia Ujian; Dr Ir Hj Hadayani MS., selaku Sekretaris; Prof Dr Muhammad Nasir Hamzah SE MS., akademisi dari Universitas Hasanuddin selaku Penguji Eksternal;  Dr Lina Mahardiana SE MS., selaku Penguji Internal; Prof Dr Ir Muhammad Basir SE MS., Wahyuningsih SE MSc PhD., dan Dr Rustam Abd Rauf SP MP., selaku penguji; Prof Dr H Andi Mattulada Amir SE MSi., selaku Promotor; Prof Dr Ir Made Antara MP., dan H Chalil SE MSc DBA., selaku Ko-Promotor.

Related posts

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *