Desember 08, 2016

Program Doktor

PROGRAM STUDI DOKTORAL

Program Pascasarjana Universitas Tadulako 2 (dua) Program Studi  Doktoral. Program Studi  Doktoral terdiri dari:

  1. Doktoral Ilmu Pertanian,
  2. Doktoral Ilmu Ekonomi.

Program Doktoral Ilmu Pertanian

Program Doktor Ilmu Pertanian, Program Pascasarjana, Universitas Tadulako didirikan dengan empat pertimbangan, (1) adanya fakta bahwa Universitas Tadulako telah memiliki sumber daya manusia dan fasilitas sarana/prasarana yang cukup untuk pendirian program studi doktoral di bidang ilmu pertanian. Oleh karena itu, program studi doktoral ini dimaksudkan untuk mendayagunakan staf pengajar yang ada secara optimal dan memanfaatkan sarana/prasarana secara efisien; (2) adanya keinginan untuk mewujudkan surat mandat dari Dirjen Dikti No: E 483/E/T/2011 tentang pembukaan program studi ilmu pertanian (S3) di Universitas Tadulako; (3) adanya keinginan institusional untuk terlibat aktif dalam upaya pengembangan teknologi dalam bidang pertanian dan produksi luaran/alumni yang lebih profesional dalam skala nasional; (4) adanya permintaan pasar akan sumber daya manusia yang bertaraf doktor di bidang ilmu–ilmu pertanian baik yang bergerak di bidang pendidikan, birokrat, dan swasta.

 Visi

Menjadi unggul dalam pengembangan ilmu pertanian yang berorientasi pada potensi lokal dan peduli terhadap lingkungan global untuk menghasilkan doktor yang mampu mengembangkan dan atau menemukan konsep ilmu dan teknologi baru di bidang pertanian.

Misi

  • Menghasilkan doktor dibidang pertanian yang memiliki kemampuan meneliti dan mengembangkan konsep/teori, serta memecahkan persoalan pertanian dengan pendekatan interdisipliner.
  • Menghasilkan temuan berupa teknologi untuk memanfaatkan sumber daya alam secara berkelanjutan.
  • Melakukan kegiatan komunikasi dan publikasi dalam bentuk jurnal ilmiah hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Tujuan

          Program Doktor Ilmu Pertanian, Program Pascasarjana, Universitas Tadulako bertujuan (1) menciptakan atmosfir belajar yang kondusif untuk memungkinkan terjadinya proses belajar yang bersifat mandiri; (2) mengorganisasikan, serta melaksanakan penelitian mandiri dan mengomunikasikan hasil penelitian dalam bentuk publikasi ilmiah; (3) menjalin kerja sama dengan pihak luar, baik swasta maupun lembaga lain dalam upaya memberdayakan potensi sumber daya manusia dan sumberdaya fasilitas yang dimilki oleh Universitas.

Kompetensi

Alumni Program Doktor Ilmu Pertanian diharapkan memiliki kompetensi utama, kompetensi pendukung, dan kompetensi lainnya. Ketiga kompetensi itu diuraikan berikut. Kompetensi utama terdiri atas: (1) memiliki kemampuan dalam memimpin, mengorganisasi, dan melaksanakan penelitian-penelitian dan menemukan konsep-konsep baru dalam memecahkan masalah-masalah pertanian dan lingkungan; (2) memiliki kemampuan untuk mengembangkan IPTEK dalam pengelolaan tanaman dan hewan, baik produksi maupun perakitan keragaman genetik, untuk meningkatkan dan meningkatkan produktivitas kemampuan sumberdaya lahan; (3) Memiliki kemampuan analisis dan perumusan kebijakan dibidang ekonomi pertanian dan atau bidang pertanian secara umum.

Kompetensi pendukung terdiri atas: (1) memiliki kemampuan pendekatan interdisipliner dalam berkarya dibidang keahliannya; (2) mampu mendiseminasi hasil penelitian dalam forum ilmiah, (3) mampu membuat karya tulis ilmiah yang dipublikasikan dalam jurnal terakreditasi; serta kompetensi lainnya, yaitu (1) Memiliki kemampuan menggunakan teknologi informasi; dan (2) Mampu memiliki kepekaan dan kepedulian terhadap lingkungan dan masyarakat.

 

Kurikulum dan Beban Studi

Program doktor ini merupakan kegiatan akademik terjadwal yang terdiri atas pendidikan kemampuan wajib program studi, kemampuan wajib kosentrasi, kemampuan pilihan kosentrasi, dan kegiatan mandiri berupa penyusunan disertasi.  Kegiatan kemampuan pendidikan wajib program studi, kemampuan wajib kosentrasi, kemampuan  pilihan kosentrasi terdiri atas perkuliahan, kerja laboratorium atau lapangan, dan interaksi akademik.  Kegiatan mandiri berupa penelitian untuk melakukan pemecahan masalah yang dituangkan dalam bentuk disertasi atau dalam bentukan karya tulis ilmiah yang lain.  Beban studi pada kurikulum program doktor berkisar antara 42 hingga 50 SKS.  Dari jumlah tersebut, matakuliah wajib PS terdiri atas 8 SKS, wajib konsentrasi 9-12 SKS dan pilihan konsentrasi 12-21 SKS dan disertasi 12 SKS.

Dosen Program Doktor Ilmu Pertanian

  • Dosen S3 (Konsentrasi Ilmu Tanaman)

Program Doktor Ilmu Pertanian, Program Pascasarjana Universitas Tadulako memiliki  dosenuntuk lingkungan Konsentrasi Ilmu Tanaman, sebagai berikut.

  1. Dr. Ir. Muhammad Basir, S.E., M.S.;
  2. Dr. Ir. H. Alam Anshary, M.S.;
  3. Dr. Ir. Mahfudz, M.P.;
  4. Dr. Ir. Indrianto Kadekoh, M.P.;
  5. Dr. Ir. Fathurrahman, M.P.;
  6. Dr. Ir. Saiful Darman, M.P.;
  7. Ir. Zainuddin Basri, Ph.D.;
  8. Ir. Abd. Hamid Noer, M.S.;
  9. Uswah Hasanah, M.Agr.Sc., Ph.D.;
  10. Ir. Sakka Samuddin, M.P.;
  11. Ir. Danang Widjadjanto, M.S.;
  12. Ir. Yosep Pata’dungan, M.P.;
  13. Ir. Anthon Monde, M.P.;
  14. Ir. Imam Wahyudi, M.Phill.;
  15. Ir. Nur Sangaji, D.E.A.;
  16. Ir. Andi Ete, M.P.;
  17. Ir. Iskandar M. Lapanjang, M.P.;
  18. Ir. Rostiaty Dg. Rahmatu, M.P.;
  19. Shahabuddin, M.Si.;
  20. Ir. Abd. Rauf, M.Si.;
  21. Ir. Henry Novero Barus, M.Sc.;
  22. Ir. Aiyen, M.Sc.;
  23. Ir. Bunga Elim Somba, M.Sc.;
  24. Ir. Nirwan Sahiri, M.Si.;
  25. Ir. Baharuddin H. Hasan, M.P.

  • Dosen S3 (Konsentrasi Ilmu Peternakan)

Dosen untuk lingkungan Konsentrasi Ilmu Peternakan, sebagai berikut.

  1. Dr. Ir. Kaharuddin Kasim, M.S.;
  2. Dr. Ir. Asriani Hasanuddin, M.S.;
  3. Ir. Damry, M.Sc.Ag., Ph.D.;
  4. Ir. Rusdi, M.Agr.Sc., Ph.D.;
  5. Ir. Marsetyo, M.Sc.Ag. Ph.D.;
  6. Ir. Muh. Hamsun, M.Agr.Sc., Ph.D.;
  7. Dr. Ir. Abd. Main Labaso, M.P.;
  8. Dr. Ir. Andi Lagaligo Amar, M.Sc.;
  9. Ir. Burhanuddin Sundu, M.Sc.Ag., Ph.D.;
  10. Padang Hamid, S.Pt.,M.P.;
  11. Ir. Najamudin, M.Si.;
  12. Ir. Rusdin Dien, M.P.;
  13. Ir. Sirajuddin Abdullah, M.P.;
  14. Ir. Hafsah, M.Sc.;
  15. Ir. Moh. Basri, M.P.;
  16. Ir. Yulius Duma, M.P.;
  17. Ir. Mobius Tanari, M.P.;
  18. Ir. Yohan Rusiyantono, M.P.;
  19. Ir. Fatmawati Saloko, M.P.;
  20. Ir. Dwi Susilawati, M.P.;
  21. Ir. Abd. Masyahoro, M.Si.;
  22. Ir. Ahmad Rizal, M.Appl.Sc.;
  23. Ir. Mirajuddin, M.Kes.;
  24. Awaluddin, S.Pt.,M.P.;
  25. Ir. Salmin, M.P.

 

  • Dosen (Konsentrasi Ilmu Ekonomi Pertanian)

Dosen untuk lingkungan Konsentrasi Ilmu Ekonomi Pertanian, sebagai berikut.

  1. Dr. Ir. Made Antara, M.P.;
  2. Dr. Ir. Marhawati Mappatoba, M.T.;
  3. Ir. Arifuddin Lamusa, M.P.;
  4. Ir. Saharia Kassa, M.S.;
  5. Rustam Abd. Rauf, S.P., M.P.;
  6. Ir Marwan Yantu, M.S.;
  7. Alumuddin Laapo, S.P., M.P.

 

  • Dosen Konsentrasi Ilmu Kehutanan

Dosen untuk lingkungan Konsentrasi Ilmu Kehutanan, sebagai berikut.

  1. Dr. Ir. Syukur Umar, DESS.;
  2. Ir. Wardah, M.F,Sc.;
  3. Ir. Hamsari, M.Sc.;
  4. Ir. Golar, S.Hut, M.S.;
  5. Erniwati, S.Hut., M.S.;
  6. Irma Sribianti, S.Hut., M.S.;
  7. Yusran, S.P., M.Sc.

 

Program Doktoral Ilmu Ekonomi

Pengembangan program studi ilmu-ilmu ekonomi pascasarjana dari strata dua menjadi strata tiga, pada beberapa tahun terakhir dirasakan sangat diperlukan. Pengembangan ini dilakukan dengan pertimbangan paradigma di masyarakat menginginkan perubahan dari pandangan kehidupan masyarakat lokal ke masyarakat dunia (global) dan menginginkan perubahan dari pertumbuhan ekonomi ke perkembangan kemanusiaan. Dari perubahan tersebut diharapkan dengan adanya program doktor ilmu ekonomi mampu mengantisipasi  dengan memperhatikan peranan masyarakat sebagai stakeholder dari perguruan tinggi

Berdasarkan mandat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Sesuai Surat Nomor: 536/E.E2/2013, terbentuklah Program Doktoral Ilmu Ekonomi Universitas Tadulako. Sistem pendidikan program doktoral ilmu ekonomi yang berbasis pengabdian kepada masyarakat  yang mendukung pengembangan ilmu pengetahuan untuk pembangunan daerah, nasional dan internasional, serta untuk ilmu pengetahuan itu sendiri yang dapat mendayagunakan hasil temuan kajian-kajian ilmu ekonomi untuk kemaslahatan manusia, dengan memaksimalkan pendayagunaan sumber daya yang tersedia di Universitas Tadulako diharapkan memiliki kualitas untuk dipublikasikan baik secara nasional maupun international yang dapat meningkatkan institution competitiveness. Dengan institution competitiveness akan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas yang lebih baik yang baik bagi program doktor ilmu ekonomi di masyarakat.

Pendidikan doktoral ilmu ekonomi diharapkan mampu mengatasi beberapa persoalan ekonomi di lingkungan masyarakat , lokal, nasional, dan global, serta berorientasi pada kegiatan-kegiatan mengembangkan desain penelitian pemberdayaan ekonomi dan penguatan kelembagaan ekonomi, dengan metode penelitian interdisiplin permasalahan ekonomi yang terjadi di dunia nyata. Dengan kualifikasi lulusan yang berkualitas internasional, kreatif, inovatif, sistematik, teruji ilmiah, dan dapat diaplikasiakan untuk pengembangan baik nasional maupun internasional.

Visi, Misi dan Tujuan

 

Visi    :Menjadikan program doktor  yang unggul dalam kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat untuk menghasilkan lulusan  yang berdaya saing dan memiliki kompetensi di ilmu ekonomi.

Misi :

  1. Menghasilkan doktoral dalam ilmu ekonomi yang memiliki ketajaman analisis berdasarkan penguasaan teori dan alat analisis ekonomi yang mutakhir.
  2. Mempunyai kemampuan mengembangkan bidang ilmu ekonomi melalui kegiatan penelitian ilmiah
  3. Mampu menggunakan pengetahuan dan ketrampilannya dalam bidang ilmu ekonomi untuk mencari jalan keluar secara akademis atas permasalahan yang kompleks dalam masyarakat pada tataran nasional, regional, dan internasional.

Tujuan :

  1. Menciptakan nilai tambah yang tinggi kepada para mahasiswa dalam penguasaan bidang kajian ilmu ekonomi dan penerapannya agar bermanfaat bagi institusi dan lingkungan masing-masing.
  2. Berbasis riset dimaknai bahwa kegiatan pengembangan dan penyelesaian masalah-masalah yang terkait bidang ilmu ekonomi dilaksanakan melalui penelitian berdasarkan pendekatan, metode dan kaidah ilmiah.
  3. Memberikan  menggunakan pengetahuan dan ketrampilannya dalam bidang ilmu ekonomi untuk mencari jalan keluar secara akademis atas permasalahan yang kompleks dalam masyarakat pada tataran nasional, regional, dan internasional.

Konsentrasi Bidang Ilmu :

  1. Ilmu Pembangunan
  2. IlmuManajemen
  3. IlmuAkuntansi

Pengelola

Kordinator        : Prof. Dr. Muh. Ridwan, S.E., M.Si.Ak.

Sekretaris         : Dr. Vita Yanti Fattah, SE., M.Si

Staf                   : Nuryana Haprin Dj. A. S.E, M.Pw.

 

 

Kurikulum

  1. Mata Kuliah Wajib Program Studi 14 SKS
  2. Mata Kuliah WajibKonsentrasi 15 SKS
  3. Mata Kuliah Pilihan Konsentrasi 6 SKS
  4. Disertasi 15 SKS

Jumlah                                    50 SKS

 

Dosen

Program Studi Doktoral Ilmu Ekonomi Program Pascasarjana Universitas Tadulako memiliki 33 orang dosen yang siap menyukseskan perkuliahan sesuai dengan kurikulum yang ditetapkan.  Adapun nama-nama dosen dimaksud adalah sebagai berikut.

  1. Dr. Anhulaila M. Palampanga, SE. M.S
  2. H. Chairil Anwar, SE. MA. Ph.D.
  3. Dr. Abdul Wahid Syafar, MS
  4. Dr. AndiMattulada Amir, SE. MSi
  5. Dr. Patta Tope, SE
  6. Dr. DjayaniNurdin, SE. MSi
  7. Dr. SyahirNatsir, SE. MSi
  8. Dr. Muslimin, SE. MS
  9. Mauled Moelyono, SE. MSi
  10. IdrisAzis, SE.M.Hum.
  11. Nersiwat, SE., MS
  12. Ridwan, SE.MSi
  13. Ahlis Djirimu, SE., DEA., Ph.D
  14. HaerulAnam, SE. MS
  15. Rosida P. Adam, SE.MSi
  16. Saharudin Kaseng, SE. MSi
  17. Sulaiman Miru, SE.MSi
  18. Suardi Sabola, SE. MSi
  19. Chalil, SE.MSc. D.BA
  20. Suparman, SE., M.Si
  21. Zakiah Zahara, SE.MM
  22. Wahyuningsih, SE.MSc.Ph.D
  23. MaskuriSutomo, SE. MSi
  24. Vita Yanti Fattah, SE. MSi
  25. ElimawatyRombe, SE. MSi
  26. NurhayatiHaris, SE. MSi
  27. EkoJokolelono, SE.MSi
  28. FadliMoh. Saleh, SE.AK.MABM
  29. Hilda Monoarfah, SE. MSi
  30. LinaMahardiana, SE. MSi
  31. BakriHasanudin, SE. MSi
  32. Ponirin, SE. MSc. D.BA.
  33. Abdul Kahar, SE. AK. Msi