Desember 09, 2016

Prof. Dr. Karim Suryadi, M.Si : Asia adalah Kawasan Masa Depan!

Prof. Dr. Karim Suryadi, M.Si : Asia adalah Kawasan Masa Depan!

Pada kesempatan kuliah umum perdana One Asia Foundation (23/9/2016) di Media Center Universitas Tadulako, Prof Dr H Karim Suryadi, M.Si memaparkan kepada 181 Mahasiswa peserta kuliah umum One Asia Foundation tentang penting nya meningkatkan sumber daya manusia di tengah kawasan Asia yang pertumbuhannya kian pesat. Dalam materi nya “Tantangan dan Prospek Masyarakat Asia”, Dekan Fakultas IPS UPI Bandung ini memaparkan bagaimana membagi pandangan dan pikiran, menghargai sejarah/budaya yang berbeda-beda untuk saling menjunjung tinggi kemanusiaan di dalam suku bangsa, agama, dan negara yang beradab di Kawasan Asia.

“Terdapat 50 negara yang berada di kawasan Asia dengan 44 Miliar penduduk yang merupakan 60 % penduduk dunia. Dengan keberagaman yang begitu banyak, tentu saja Asia merupakan kawasan yang vital di dunia dan merupakan kawasan Masa Depan yang berpengaruh. Oleh karena itu, menumbuhkan kesadaran antarbudaya serta memberikan andil untuk menciptakan komunitas Asia yang damai menjadi penting untuk kita bangun dalam diri kita sebagai bagian dari masyarakat Asia.” Ujar salah satu Guru Besar UPI Bandung.

dsc05170

Suasana Kuliah Umum One Asia Foundation yang diikuti 181 Peserta dari Mahasiswa Universitas Tadulako

Prof Dr H Karim Suryadi, M.Si juga menuturkan mengenai Jepang sebagai promotor berdirinya One Asia Foundation yang menjadi salah satu negara Asia yang paling potensial untuk dijadikan rujukan dibidang ilmu pengetahuan dan pembentukan karakter.

dsc05171

Rektor Universitas Tadulako, Prof Dr Ir H Muh Basir Cyio SE MS memberikan sambutannya di kuliah perdana One Asia Foundation

“Jepang menganut paham Restorasi Meiji yakni tetap menerima budaya luar yang masuk tanpa meninggalkan nilai luhur dan kebudayaan negaranya. Mereka menerima nilai, agama dan budaya asing yang masuk ke Jepang dan tidak melupakan budaya asli mereka sehingga tidak terjadi bentrokan antara tradisi dan modernitas di negara mereka. Hal tersebut bisa kita jadikan teladan dalam mempertahankan karakter dan budaya kita sebagai orang Indonesia.” Tuturnya.

dsc05180

Penyerahan cendramata Untad kepada Prof Dr H Karim Suryadi, M.Si

Selain itu, Prof Dr H Karim Suryadi Msi menyampaikan beberapa isu isu strategis seperti pengembangan kapasitas Individu, Pengetahuan lokal (masyarakat lokal, nilai lokal, bahasa, dan entitas lokal lainnya) yang harus diperkuat untuk berintegrasi dengan pasar global serta membangun jati diri yang juga ada dalam bahasa, produk khas, sikap, keterampilan dll.

 

Related posts

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *