Prodi Pendidikan Fisika Selenggarakan Kegiatan Pendampingan Penulisan Jurnal Internasional

Prodi Pendidikan Fisika Selenggarakan Kegiatan Pendampingan Penulisan Jurnal Internasional

Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Tadulako (Untad), Dr H Lukman Nadjamuddin MHum mengapresiasi kegiatan yang diselengarakan oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Untad.

Kegiatan “Pendampingan Penulisan Jurnal Internasional: Kiat-kiat Menulis Jurnal Internasional yang Bereputasi dan Terindeks” itu diselenggarakan pada Jumat (5/5) di Ruang Senat Untad, Lantai III Gedung Rektorat.

Dr Lukman dalam sambutannya menyampaikan bahwa terbitnya Permenristekdikti Nomor 20 Tahun 2017 yang salah satu pasalnya mengatur tentang kewajiban menghasilkan karya ilmiah harus disikapi dengan bijak. Terbitnya Permenristekdikti itu jangan membuat dosen-dosen terlarut dalam perdebatan panjang atau pun dijadikan momok yang menakutkan.

“Terbitnya peraturan itu harus kita respon dengan cepat. Tidak boleh kita terlarut dalam ruang-ruang perdebatan. Namun, kita harus merespon dan menjadikannya sebagai tantangan bagi kita untuk semakin giat menghasilkan karya ilmiah yang bereputasi,” ujar Dekan FKIP.

Dekan FKIP juga mengharapkan agar kegiatan yang diinisiasi oleh Program Studi Pendidikan Fisika itu dapat dimanfaatkan oleh para dosen dan mahasiswa untuk pengembangan wawasan akademik, terutama berkenaan dengan kiat-kita menulis dan mempublikasi karya ilmiah.

“Kehadiran Prof Sutikno dari Universitas Negeri Semarang ini harus kita manfaatkan untuk sharing pengalaman dan berbagi pengetahuan. Harapan kita bersama, dari kegiatan ini akan muncul ide-ide progresif bagi kita untuk menghasilkan karya ilmiah. Tentu saja karya ilmiah yang bereputasi dan terindeks,” jelas Dr Lukman.

Sementara itu, Koordinator Program Studi Pendidikan Fisika, Dr Sahrul Saehana SPd MSi mengemukakan bahwa kehadiran narasumber dapat dijadikan sumber belajar bagi dosen FKIP. Hal ini karena Prof Sutikno, ujar Dr Sahrul, merupakan dosen yang produktif menghasilkan karya ilmiah yang bereputasi.

“Banyak karya ilmiah Beliau (Prof Sutikno, red) yang dapat kita jadikan sumber atau rujukan untuk menulis. Beliau ini amat kompeten, karena selain produktif, Prof Sutikno juga merupakan pengelola Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia yang tersitasi langsung di Thomson Reuters. Semoga kegiatan ini dapat menambah pengalaman dan pengetahuan kita semua terutama dalam bidang penulisan karya ilmiah,” jelas Dr Sahrul.

Peserta yang hadir dalam kegiatan itu sekitar 100 orang yang terdiri atas dosen FKIP, dan mahasiswa Program Magister dan Program Doktoral Pendidikan Sains. (tq)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: No Right Klik and Copy!!