Desember 07, 2016

Prodi Kesmas Untad Raih Akreditasi B

 
HERMAWAN NUR
Muh Jusman Rau
    
HERMAWAN NUR
Hj Rosmala Nur
Tanpa Site Visit,
Kesmas Jadi Best Model

PALU – Civitas Akademika Program Studi Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Untad patut berbangga karena Prodi ini mendapatkan Akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Predikat tersebut dituangkan dalam Surat Keputusan Nomor 437/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2014 tertanggal 2 November 2014.

Koordinator Prodi Kesmas, Muh Jusman Rau SKM MKes mengatakan, dengan predikat yang membanggakan itu merupakan suatu kesyukuran bukan hanya bagi Civitas Akademika Prodi saja, melainkan juga merupakan kesyukuran bagi seluruh Civitas Akademika Untad.

“Sejak dibentuk pada tahun 2008, kami sudah berkomitmen untuk menomorsatukan pengembangan akademik maupun institusi Untad. Ini juga yang menentukan mutu lulusan yang dihasilkan dari prodi ini,” ungkap Jusman saat ditemui di ruangannya Jumat (13/3).

Prodi Kesmas pada FKIK Untad ini sebelumnya dibuka pada 30 Desember 2008 yang pada waktu itu masih bernaung di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Baru pada 2011, prodi ini keluar dari FMIPA dan bergabung dalam FKIK yang baru dibentuk. Sejak didirikan Prodi ini telah menghasilkan lulusan sebanyak 148 orang. Sementara untuk jumlah mahasiswa yang sedang menjalani pendidikan pada Prodi tersebut saat ini leih dari 360 orang.

Saat ini, Prodi ini memiliki 20 orang dosen dimana 2 orang diantaranya sudah bergelar Doktor. Sedangkan untuk pengembangan akademik, setiap semesternya Prodi ini juga mendatangkan minimal 3 orang dosen pakar dan guru besar dari perguruan tinggi Pembina yakni Universitas Hasanuddin dan Universitas Gajah Mada.

“Apa yang dicita-citakan, baik peningkatan mutu akademik maupun pengakuan eksternal yakni dari masyarakat akhirnya terwujud. Semua ini tentunya tidak terlepas dari dukungan semua pihak paik dari internal prodi, fakultas, maupun dukungan dari ntad itu sendiri. Kami akan ters berupaya menjadikan prodi ini menjadi lebih baik dan harapan kami nantinya bisa mendapatkan akreditasi A,” lanjutnya.

Ketua tim penyusun Borang Akresitasi Prodi tersebut, Dr Hj Rosmala Nur MSi mengatakan predikat akreditasi B yang diraih prodi itu tidak terlepas dari kerja keras seluruh civitas akademika Prodi Kesmas yang telah berkomitmen dalam mengembangkan prodi tersebut agar meghasilkan lulusan yang memiliki daya saing.

Selain itu, dia juga mengatakan bahwa Prodi ini menjadi Best Model Prodi penyusun Borang Akreditasi di Untad. Hal tersebut diungkapkannya karena dari 56 prodi yang ada di Untad, hanya Kesmas yang tidak dilakukan visitasi lapangan.

“Sebelumnya kami mendapatkan Akreditasi C dengan nilai 227. Dengan begitu kami termotifasi untuk terus mengejar ketertinggalan kami dengan terus bekerja keras. Hanya 6 bulan kami melakukan penyusunan Borang dan sekarang kami mendapatkan Akreditasi B dengan nilai 316. Luar biasa peningkatannya hingga 89 poin. Itu yang kemudian menjadi kesyukuran bagi kami. Dan hanya prodi ini yang tidak dilakukan site visit. Artinya dari Borang yang dikirim Borang Kesmas yang terbaik diantara 56 prodi,” ungkap Mala.

Motifasi untuk terus mendapatkan yang terbaik juga lahir dengan melihat kebutuhan pasar dimana dalam dunia kerja disyaratkan agar tenaga kerja harus lulusan dari Prodi yang terakreditasi B. itu yang kemudian menjadikan para civitas akademika Prodi Kesmas terus bekerja dengan giat.

“Dalam menyusun Borang kami melakukan segala yang terbaik, mulai dari pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi dimana semua pencatatan dilakukan dengan sebaik mungkin hingga dokumentasi yang kami miliki. Selain itu komitmen yang terbangun diantara dosen dalam mengembangkan Prodi terus mendorong Prodi ini menjadi lebih baik, dan kami berharap ada tahun 2019 Prodi ini bisa mendapatkan lebih baik lagi dengan mendapatkan akreditasi A,” tambahnya.

Dia juga mengatakan bahwa Akreditasi B yang diraih prodi ini merupakan hadiah terindah atas dilantiknya Prof Muhammad Basir sebagai Rektor Untad untk periode kali keduanya sekaligus hadiah bagi Untad yang juga mendapatkan Akreditasi B.(hn)

Related posts

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *