Desember 13, 2017

Prodi Akuntansi Untad Bersama BPJS Kenalkan Manfaat BPJS Ketenagakerjaan Sejak Dini Kepada Mahasiswa

Prodi Akuntansi Untad Bersama BPJS Kenalkan Manfaat BPJS Ketenagakerjaan Sejak Dini Kepada Mahasiswa

Dalam rangka memperkenalkan manfaat program BPJS Ketenagakerjaan kepada Generasi Muda, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Bersama Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi & Bisnis Untad menyelenggarakan Kuliah Umum 40 Menit dengan tema “ Kenali Manfaat Program BPJS Ketenagakerjaan Sejak Dini ” yang di selenggarakan pada Kamis (30/11) Pagi di IT Center Universitas Tadulako

Dalam materi nya, Dodo Suharto SE, MBA, AK., CA selaku Deputi Direktur Bidang Investasi Langsung BPJS Ketenagakerjaan memaparkan mengenai latar belakang di bentuk nya BPJS di Indonesia.

“ BPJS Ketenagakerjaan adalah asuransi yang penting di miliki oleh pekerja sebab sesuai dengan UUD 1945 pasal 32 ayat 2  bahwa Negara menyelenggarakan system Jaminan Sosial bagi seluruh Rakyat dan memberdayakan masyarakat yang lemah dan tidak mampu sesuai dengan martabat kemanusiaan. Selain itu pada UU SJSN Pasal 2 telah di cantumkan bahwa Sistem Jaminan Sosial Nasional di selenggarakan berdasarkan asas kemanusiaan, asas manfaat dan asas keadilan social bagi seluruh Rakyat Indonesia. Sehingga Berdasarkan Undang Undang tersebut di bentuklah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial yaitu BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.” Jelas Pak Dodo Suharto.

Beliau turut memaparkan bahwa Kuliah Umum 40 Menit ini merupakan rangkaian dari 40 tahun berdiri nya BPJS Ketenagakerjaan yang mencoba memperkenalkan kepada Mahasiswa tentang penting nya memiliki BPJS Ketenagakerjaan nanti nya ketika mereka  telah terjun di dunia kerja. Di Kota Palu sendiri, dari 1.3 Juta Pekerja yang ada baru 70.000 pekerja saja yang berada di bawah naungan BPJS Ketenagakerjaan. Padahal untuk memiliki BPJS Ketenagakerjaan saat ini tergolong sangat mudah untuk di akses oleh pekerja pemerintahan, swasta maupun di bidang wirausaha sehingga harapan nya dapat merata di semua kalangan pekerja. Apalagi saat ini BPJS dapat di akses secara online agar mempermudah siapa pun untuk memiliki BPJS Ketenagakerjaan.

Pada Kesempatan yang sama, Dr. Nina Yusnita Yamin SE., M.Si Ak., CA selaku ketua Panitia dan Akademisi/Dosen Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untad menyampaikan tujuan di selenggarakannya acara kuliah Tamu 40 Menit antara Prodi Akuntasi Untad dan BPJS.

“ Kuliah tamu ini merupakan kerjasama dalam rangka Hari Jadi BPJS ke 40 yang di selenggarakan serempak di Indonesia. Khusus untuk Sulawesi Tengah di adakan di Kampus Universitas Tadulako. Kuliah 40 menit ini turut memperkenalkan bahwa BPJS tak hanya menyangkut kesehatan saja, akan tetapi terkait juga dengan perlindungan Ketenagakerjaan. Saat ini masyarakat pada umum nya masih familiar dengan satu jenis produk BPJS saja seperti Kesehatan tapi kurang mengenal BPJS Ketenagakerjaan. Yang dapat menikmati BPJS Ketenagakerjaan tak harus pekerja yang rutin mendapatkan gaji saja, akan tetapi para pekerja yang tidak menerima upah bulanan tapi memiliki aktivitas ekonomi seperti petani, driver, ojek dll.” Jelas Dr. Nina Yusnita.

Beliau turut menambahkan bahwa Mahasiswa juga sering terlibat aktivitas Magang dan PKL yang sebenarnya perlu terlindungi BPJS Ketenagakerjaan, Para staf dan tenaga kontrak pun belum merata tersentuh BPJS Ketenagakerjaan. Harapannya sosialisasi ini  dapat membuka peluang untuk para pekerja mendapatkan perlindungan jaminan sosial melalui BPJS Ketenagakerjaan.  AA

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: No Right Klik and Copy!!