Desember 05, 2016

Polri dan Jasa Raharja Ajak Mahasiswa Jadi Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas

Polri dan Jasa Raharja Ajak Mahasiswa Jadi Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri bersama Jasa Raharja menggelar kegiatan Police & Jasa Raharja Goes to Campus. Kegiatan yang dilaksanakan di Conference Room Media Center Universitas Tadulako (Untad) pada Jumat (30/10) itu dihadiri langsung oleh Kepala Bidang Pendidikan Masyarakat (Kabid Dikmas) Korlantas Polri, Kombes Pol Pudjiono MH, dan Kepala Jasa Raharja Cabang Sulawesi Tengah, Suratno.

Kabid Dikman Korlantas Polri, dalam sambutannya mengajak mahasiswa sebagai kaum intelektual muda untuk menjadi garda terdepan sebagai pelopor keselamatan berlalu lintas. Kombes Pudjiono menyampaikan bahwa keselamatan berlalu lintas merupakan kebutuhan sangat penting, baik bagi diri sendiri maupun orang lain.

Lebih lanjut, Kombes Pudjiono memaparkan data mencengangkan mengenai angka kecelakaan di Indonesia. Pada 2014 terjadi 95.906 kasus kecelakaan dengan 28.297 orang meninggal dunia. “Jadi per bulan rata-rata 2.358 orang meninggal atau 3 orang per jamnya. Besarnya angka ini harus menjadi perhatian kita semua untuk bertekad menekan angka kecelakaan dengan menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas,” jelas Kombes Pudjiono.

Sementara itu, Suratno menyampaikan bahwa kegiatan itu merupakan gawean bersama dengan pihak Polri untuk memberikan pemahaman mengenai tertib berlalu lintas. Dengan tertib berlalu lintas, tentu saja keselamatan berlalu lintas akan terwujud.

Suratno juga mengemukakan bahwa Jasa Raharja sebagai BUMN asuransi telah melaksanakan kewajibannya dalam membayar santunan bagi korban kecelakaan. “Dalam kurun waktu lima tahun terakhir, santunan yang dibayarkan sebesar 54,3 miliar rupiah. Pada triwulan III 2015 ini saja, kami telah membayar santunan sebesar 13 miliar rupiah,” jelasnya

Kegiatan itu dibuka langsung oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Prof Dr H Jayani Nurdin SE MSi. Prof Jayani dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan itu merupakan kegiatan penting yang harus rutin dilaksanakan. Hal itu agar dapat semakin memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai pentingnya keselamatan berlalu lintas.

Prof Jayani juga berpesan kepada mahasiswa, baik mahasiswa Untad maupun perguruan tinggi lain untuk menjadi agen perubahan tertib berlalu lintas. “Mari kita amalkan pentingnya keselamatan berlalu lintas ini. Keuntungannya bukan hanya bagi diri kalian, melainkan juga bagi orang lain. Olehnya, jadilah pelopor keselamatan berlalu lintas, dan sebarluaskan informasi ini kepada orang-orang terdekat, keluarga, kenalan, dan masyarakat luas,” ungkap Prof Jayani.

Related posts

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *