September 27, 2017

PMJ HIMASOS KEDEPANKAN PENANAMAN IDEOLOGI

PMJ HIMASOS KEDEPANKAN PENANAMAN IDEOLOGI

PALU – Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Tadulako (Untad) Drs Muhammad Marzuki MSi, Kamis, 8 Oktober 2015, membuka secara resmi kegiatan Penerimaan Mahasiswa Jurusan (PMJ) Sosiologi. Kegiatan tersebut diikuti 81 orang mahasiswa baru Jurusan Sosiologi.

Dalam sambutannya, Marzuki memberikan dukungan sepenuhnya dengan dilaksanakannya kegiatan ini. Dia mengatakan, keterlambatan kegiatan ini karena dirampungkannya konsep pelaksanaan PMJ itu sendiri hingga betul-betul matang dan tidak menimbulkan hal-hal yang tidam diinginkan.

Ketua Himpunan Mahasiswa Sosiologi Nouval Apek Saputra menerangkan  konsep kegiatan ini lebih kepada penanaman ideologi organisasi yang akan memberikan pengaruh kacintaan terhadap prodi itu sendiri.

“Kita melihat pengalaman sebelumnya banyak mahasiswa yang hanya menjadikan kegiatan seperti ini hanya sebagai batu loncatan. Diantaranya untuk mendapatkan nilai dan sertifikat. Untuk itu kami inin menjadikan kegiatan seperti ini agar mereka tidak hanya sekedar ikut saja tetapi bagaimana mereka lebih mencintai jurusan dan keilmuan yang ada di prodi ini,” jelasnya.

Nouval juga mengatakan, kegiatan seperti ini harus terus dilaksanakan karena dari sisi antropologinya ini merupakan kegiatan yang sudab rutin dilaksanakan, sedangkan dari sisi sosiologinya karena dalam kegiatan ini akan terbangun hubungan kekeluargaan antara satu dengan yang lain.

Namun Nouval mengatakan penolakan kerasnya terhadap adanya tindakan kekerasan dalam pelaksanaan kegiatan ini. “Kami sudab sepakat tidak akan ada perpeloncoan didalam pelaksanaan PMJ ini. Karena tindakan seperti itu sendiri sangat jauh dari tujuan adanya pendidikan,” lanjutnya.

Metode kagiatannya, kata Nouval dengan mengedepankan metodologi partisipatif, dimana para peserta diajak untuk berfikir.

Pembukaan kegiatan ini dilangsungkan di FISIP, sedangkan PMJ sendiri di langsungkan di Tempat Wisata Paneki Desa Pombewe, Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi dan akan berlangsung hingga hari minggu.(hn)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: No Right Klik and Copy!!