Desember 08, 2016

PENYERAGAMAN PENGKODEAN MATA KULIAH MEMBANTU MAHASISWA

Dalam Mempercepat Penyelesaian Masa Studi

PALU – Univeritas Tadulako (Untad), Sabtu (6/12) lalu, menggelar Workshop Pedoman Pengkodean Mata Kuliah  dalam lingkungan Untad. Kegiatan yang dilangsungkan di Gedung IT Center Untad tersebut dibukaa langsung oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Untad, Prof H Hasan Basri PhD.

Dalam arahannya, Prof hasan mengatakan kegiatan yang dilangsungkan tersebut sangat penting  dalam pelayanan akademik kepada mahaiswa. “Bagaimana kita duduk bersama dalam forum ini untuk bersama menyeragamkan pengkodean mata kuliah. Kami berharap, setelah kegiatan ini agar seksi yang membidangi hal ini bisa memanaj dengan kurikulum lebih baik yang merupakan kurikulum yang akan menjadi acuan kita di tiap-tiap fakultas,” ungkap Prof Hasan.

Dia juga mengemukakan, dengan penyeragaman tersebut, pengkodean mata kuliah tersebut bisa dimasukkan ke dalam transkrip nilai. “Jadi kemungkinan adanya manipulasi nilai mata kuliah bisa diminimalisir,” lanjunya.

Prof Hasan juga berharap paling lambat Januari mendatang, pengkodean mata kuliah yang seragam sudah bisa diselesaikan agar bisa segera dimasukkan dalam transkrip nilai dan ijazah di bulan Februari.

MATERI : Prof Ir Damry HB MSc Ag PhD selaku Kepala UPT TIK Untad yang memaparkan materinya dihadapan peserta Workshop Pedoman Pengkodean Mata Kuliah  dalam lingkungan Untad yang dilangsungkan di gedung IT Center Untad, Sabtu (6/12).

Selaku pelaksana kegiatan tersebut, Dr H Lukman Najamuddin MHum mengatakan bahwa selama ini, pengkodean mata kuliah tidak dicantumkan dalam transkrip nilai mahasiswa karena perbedaan pengkodean mata kuliah yang sama antara prodi yang satu dengan yang lain, begitu juga antara fakultas yang satu dengan yang lain.

“Kita disini mencoba duduk bersama untuk menyeragamkan hal tersebut, dan pada nantinya bisa dimunculkan dalam transkrip nilai,” ungkap Lukman.

Bagi Lukman, dengan penyeragaman ini juga bisa membantu mahasiswa dalam mempercepat penyelesaian masa studinya. “Karena ketika mahasiswa mata kuliahnya ada yang tabrakan, bisa ikut pada fakultas lain yang ada mata kuliah yang sama biar tidak tabrakan,” lanjutnya.

Kegiatan tersebut menghadirkan pembicara, Prof H Hasan Basri PhD selaku Wakil Rektor Bidang Akademik Untad, Prof Ir Damry HB MSc Ag PhD selaku Kepala UPT TIK Untad, serta Dr Rudy Gosal SE MSi selaku Kepala BAKP Untad.(hn)

Related posts

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *