Desember 07, 2016

Penutupan Ormik Mahasiswa Baru 2014

Setelah selama empat hari masa Orientasi Akademik Mahasiswa Baru 2014 Universitas dilangsungkan, dan pada hari Kamis, (28/0814) bertempat di Lapangan Upacara Untad diselenggarakan serangkaian penutupan Orientasi Akademik Mahasiswa Baru 2014 Universitas Tadulako.

Adam Malik M.Sc. selaku Ketua Panitia Ormik 2014 mengucapkan terima kasih dalam petikan sambutannya kepada 150 Orang Pemateri. Kepada UKM dan kelembagaan baik tingkat Fakultas dan Universitas,  yang telah membimbing adik-adiknya sehingga telah siap untuk mengikuti akademik. Juga kepada Komisi Disiplin yang telah bekerja keras, sejak belum terbit matahari sampai terbenamnya matahari. Semua panitia Ormik yang telah melaksanakan tugas dengan baik. Semua pihak yang telah membantu yang mungkin tidak sempat disebutkan satu-persatu.

Upacara penutupan Orientasi Akademik Mahasiswa Baru 2014 Universitas Tadulako dihadiri oleh seluruh peserta Ormik, Dosen Pemateri, Dekan Fakultas-fakultas dalam lingkungan Universitas Tadulako, serta seluruh panitia Ormik 2014.

Yang berkesempatan untuk menutup dengan resmi Ormik 2014 yakni Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Bapak Asmadi Weri, SH., MH. Sebelum menyampaikan sambutannya Warek III tersebut secara simbolik menyematkan Jaket Almamater dan Topi Universitas Tadulako kepada perwakilan Mahasiswa Baru 2014 yang menandakan Mahasiswa Baru 2014 telah diterima dengan resmi di Universitas Tadulako. Kemudian dilanjutkan dengan Penyerahan Mahasiswa Baru kepada masing-masing Dekan Fakultas yang berjumlah 10 Fakultas.Warek III menyampaikan “6.803 Mahasiswa Baru, 95% yang telah mengikuti Ormik selama 4 hari baik ormik yang dikoordinasikan Universitas dan Fakultas masing-masing. Artinya dari 95 % ini yang kemudian berhak mendapatkan Sertifikat Orientasi Akademik Mahasiswa dan sisanya akan mengikuti Ormik pada tahun 2015 akan datang.”

Beliau juga menghimbau kepada seluruh Dekan Fakultas untuk mewajibkan kepada seluruh Mahasiswa Baru untuk mengenakan Jaket Almamater selama 1 tahun yang menandakan bahwa kita mencintai warna biru kita.

Beliau juga menyampaikan beberapa titipan kepada seluruh Mahasiwa Baru, “pertama  karena kalian menimbah ilmu di sini, kalian harus menjadi anak-anak yang cerdas, cerdas pikirannya tapi juga cerdas juga spiritualnya dalam bahasa agama pikir dan dzikir, dua dimensi inilah yang kemudian menjadi kekuatan bagi anak-anakku dan itulah yang harus kalian rapatkan selama kuliah di Untad. Yang ke dua harus berlaku jujur,  jujur kepada diri sendiri apalagi pada orang lain. Dengan diri kita ini, kata jujur itu sangat langkah, maka kalianlah yang diharapkan untuk membawa spirit kejujuran ini pada hari-hari kalian dan pada masa akan datang. Yang ke tiga kalian harus menjadi anak-anak yang tangguh. Baru satu proses yang kalian lewati, proses Orientasi Akademik tetapi pada proses berikutnya kalian akan melewati beragam macam rintangan dan itu yang akan menjadi kekuatan bagi kalian dalam menimba ilmu di Universitas Tadulako, harus menjadi anak-anak yang tangguh bukan anak-anak yang cengeng. Selanjutnya yang harus menjadi perhatian kita semua bahwa Pemerintah hanya memberikan waktu 5 tahun untuk menimba ilmu di Perguruan Tinggi, setelah melewati 5 tahun atau 10 semester kalian  tidak akan dilakukan DO secara administratif, tetapi nama kalian dipanggkalan data di perguruan tinggi akan lenyap dengan sendirinya. Maka masa waktu 5 ini dipergunakan, dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Karena setelah kita evaluasi ada diantara kalian ada yang menyelesaikan dalam kurun waktu 3 tahun 7 bulan. Selamat menjalani masa perkuliahan yang akan dimulai pada tanggal 1 September 2014.”

Setelah menutup dengan resmi Orientasi Akademik Mahasiswa baru 2014 Universitas Tadulako Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan didampingi Ketua Panitia Ormik 2014  untuk  melepaskan baloon secara simbolis sebagai pertanda berakhirnya Orientasi Akademik Mahasiswa Baru 2014 Universitas Tadulako telah selesai. Pelepasan balon yang berwarni warni menandakan bahwa kita berbeda-beda tetapi tetap 1 jua dan setuju menggapai cita-cita setinggi langit. YL

Related posts

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *