Desember 09, 2016

Pengumuman SMMPTN Untad Dimajukan 6 Agustus 2015

Pengumuman SMMPTN Untad Dimajukan 6 Agustus 2015

PALU – Hasil Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) Universitas Tadulako (Untad) yang sedianya ditetapkan akan diumumpakan pada tanggal 8 Agustus 2015 nanti, dimajukan ke tanggal 6 Agustus 2015 besok. Perubahan jadwal ini disampaikan Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan dan Pegawai (BAKP) Untad, Rudy Gosal SE MSi saat dikonfirmasi via telepon Selasa, (4/8) kemarin.

Rudy mengatakan hal ini merupakan hasil keputusan rapat pimpinan tertinggi Untad dengan mengingat proses pemindaian lembar jawaban ujian calon mahasiswa sudah selesai. “Proses pemindaian kan sudah selesai, jadi kita percepat saja pengumumannya,” ungkapnya.

Rudy juga mengatakan bahwa ini akan memberikan waktu luang untuk melakukan persiapan pelaksanaan Orientasi Mahasiswa Akademik (Ormik)Untad yang sudah ditetapkan akan dimulai pada tanggal 18 Agustus mendatang. “Pengumuman sudah bisa dilihat di website www.untad.ac.id dan atau www.untad.mobi mulai jam 6 sore (18.00 WITA.) besok. Bisa  juga dilihat di media cetak lokal yang ada di Palu terbitan hari Kamis (6/8)” tambahnya.

Pendaftaran ulang bagi calon mahasiswa yang dinyatakan lulus melalui jalur ini dibuka bersamaan dengan diterbitkannya pengumuman besok dan akan ditutup pada tanggal 14 Agustus 2015 mendatang. “Jadi calon mahasiswa yang tidak tahu jadwal pengumuman dipercepat masih bisa melakukan pendaftaran ulang jika kelulusannya baru ditahu pada tanggal 8 Agustus,” lanjutnya

Sebanyak 5.450 orang calon mahasiswa yang mengikuti seleksi ujian tulis pendaftaran jalur ini yang dilaksanakan pada tanggal 28 Juli 2015 lalu. Dimungkinkan dari semua peserta tersebut akan diterima sebanyak 3.600 orang. Jumlah tersebut melebihi kuota penerimaan jalur ini yang seharusnya hanya 20 persen dari jumlah keseluruhan penerimaan mahasiswa baru tahun ini (sekitar 6.000 orang).

Hal ini dikarenakan dari sekitar 3.000 orang calon mahasisiswa, atau sekitar 50 persen dari jumlah kuota keseluruhan penerimaan di Untad yang diterima melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), hanya sebanyak 63 persen calon mahasiswa yang melakukan pendaftaran ulang. Begitu pula pada jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dengan kuota penerimaan 30 persen dari seluruh penerimaan mahasiswa di Untad, atau sebanyak 1.800 orang calon mahasiswa, hanya 70 persen  yang melakukan pendaftaran ulang.  Dari kedua jalur tersebut, hanya sebanyak 2.862 orang yang melakukan pendaftaran ulang. Dengan demikian pada jalur ini akan diterima sebanyak kekurangan kuota dari keseluruhan.

Kalau pada jalur ini sudah diterima untuk memenuhi kuota keseluruhan, tapi masih banyak yang tidak melakukan pendaftaran ulang, maka setelah pendaftaran ulang nantinya kembali akan dibuka jalur Seleksi Mandiri Pemenuhan Kuota Prodi Tertentu (SM-PKPT). Hal ini diungkapkan Rektor Untad, Prof Dr Ir Muhammad Basir SE MS pada saat kegiatan serah terima naskah ujian SMMPTN (28/7).

Jalur ini diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang sudah pernah mendaftar di Untad pada ketiga jalur tersebut namun dinyatakan tidak tertentu. Ini untuk memenuhi prodi-prodi yang masih belum terpenuhi kuotanya.(hn)

Related posts

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *