Pelatihan Reviewer Internal Tingkatkan Mutu dan Keragaman

Pelatihan Reviewer Internal Tingkatkan Mutu dan Keragaman

Sabtu (07/11) lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (LPPM) Universitas Tadulako (Untad), melaksanakan pelatihan reviewer internal kepada dosen-dosen yang terlibat dalam penilitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Kegiatan ini mengangkat tema “dengan pelatihan reviwer kita tingkatkan mutu penelitian melalui riset dan implementasi iptek dalam mewujudkan visi universitas 2020”. Pada kesempatan itu turut hadir ketua LPPM Ir. Donny M. Mangitung, M.Sc.,Ph.D dan wakil rektor bidang perencanaan dan pengawasan Prof Ir. H. Andi Lagaligo Amar Msc Agr PhD.

Ketua panitia Dr H Sulbadana SH MH mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan suatu rutinitas sebagai tenaga pengajar. Menurutnya kegiatan ini bertujuan meningkatkan kalitas tenaga pengajar yang ada.

“Meskipun kegiatan penelitian dan pengabdian merupakan bagian dari tri dharma perguruan tinggi yang menjadi rutinitas sebagai staf pengajar. Kegiata ini merupakan motifasi bagi dosen, alhamdulillah animo tenaga pengajar itu untuk melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian itu sudah meningkat, itulah sebabnya mengapa lembaga penelitian dan pengabdian sebagai wadah untuk memfasilatasi animo tersebut melakukan pelatihan ini” jelasnya.

 Sementara itu Ir Donny M. Mangitung Msc PhD selaku ketua LPPM disela-sela kesempatan itu menyampaikan salah satu motivasi diadakannya pelatihan oleh LPPM adalah untuk menambah jumlah reviewer universitas.

“Sebenarnya tujuan diadakannya pelatihan ini adalah untuk menambah jumlah reviwer tetapi bukan hanya jumlah malainkan juga meningkatkan mutu dan keragaman. Ada beberapa fakultas yang masih kurang melakukan penelitian dan pengabdian masyrakat,” ujarnya.

Sementara itu warek canwas Prof Ir. H. Andi Lagaligo Amar Msc Agr PhD mengatakan dengan adanya kegiatan seperti ini akan meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian dan pengabdian.

“Pelatihan ini akan menambah jumlah sumber daya manusia (SDM) kita yang adakan mereview proposal. Yang kita harapkan dari reviewer ini menjadi kreatif dan mengoreksi serta memberi masukan untuk proposal yang tidak layak menjadi proposal yang layak,” uangkapnya.

Lebih lanjut guru besar fakultas peternakan dan perikanan tersebut mengimbau agar semua fakultas turut berkontribusi dalam mengangkat nilai universitas. “Semua fakultas harus bertanggung jawab untuk peningkatan itu,” tegasnya.

Dalam kesempatan ini yang menjadi pembicara yakni Prof Dr H Mulyadi Msi yang merupakan reviewer nasional membawakan materi kode etik dan teknik mereview proposal dan Prof Dr Ir Abubakar Tawali MS yang membawakan materi teknik mereview proposal.

Related posts

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *