Paparkan Visi Untad, Rektor : Pentingnya Persamaan Persepsi Untuk Visi Untad 2020

Paparkan Visi Untad, Rektor : Pentingnya Persamaan Persepsi Untuk Visi Untad 2020

Rabu (23/3), Demi terciptanya kesamaan persepsi  mengenai  Visi Universitas Tadulako (Untad),  Rektor Untad, Prof Dr Ir H Muh Basir Cyio SE MS memberikan pengarahan kepada kurang lebih 250 orang dari kalangan Civitas Akademika mulai dari wakil Rektor, Dekan, Direktur, Ketua Lembaga dan Program Studi/Jurusan semua Fakultas serta dosen dan pegawai dalam lingkungan Untad.

Bertempat di Conference Room, Gedung Media Center Untad Rektor menjelaskan mengapa perlu diadakan pengarahan tentang penyamaan persepsi  visi  ini.

“Selama ini belum ada pemaknaan Visi  Untad secara holistik seperti saat ini, sebagai penerus perjuangan cita-cita Universitas, bapak Ibu sekalian harus mengetahui mengenai hal ini, sebab bapak dan ibu yang hadir saat ini tidak menutup kemungkinan kelak akan menjadi pemimpin menggantikan saya.” tegas Prof Muhammad Basir

Lebih lanjut Rektor mengungkapkan bahwa perbedaan pemahaman dan persepsi mengenai visi Untad akan berpengaruh pada akreditas Universitas Tadulako.

“Visi  ini penting diketahui, agar tidak ada pemaknaan yang berbeda antara rektor, wakil rektor, dekan dan wakil dekan mengenai hal ini, sebab bila ada visitasi hal inilah yang duluan akan dipertanyakan, selain itu visi Fakultas harus mendukung visi Universitas , jangan sampai tidak saling berkaitan”

Dalam pemaparannya, Rektor Untad menjabarkan tentang bagaimana cara memberikan persepsi yang sama terhadap visi Untad yang berbunyi “Pada tahun 2020, Untad unggul dalam pengabdian kepada masyarakat melalui pengembangan pendidikan dan penelitian”. Yang perlu diperhatikan agar tidak melihat visi ini dari  perspektif atau cara pandang masing-masing orang, melainkan menggunakan persepsi  atau penafsiran dari sudut pandang yang sama.

Untuk memberikan persepsi yang sama maka harus melihat pada tiga kata kunci, pertama pada   kata  ‘Unggul ‘ yang bermakna memberikan layanan yang terbaik kepada stakeholder dan mereka memperoleh kepuasan. Kedua kata ‘Pengabdian’ , yang mengandung roh atau hakikat bukan sebagai aktivitas melainkan sebagai layanan yang dipersembahkan dimana tri darma perguruan tinggi sebagai dimensinya. Dan yang ketiga adalah “Masyarakat’ ,yang dimaksud masyarakat adalah siapapun yang menjadi stakeholder Universitas Tadulako. Untuk itu Visi Untad dapat dipahami sebagai Unggul dalam pengabdian adalah kepuasan pelanggan atas layanan tri darma perguruan tinggi yang diberikan kepada stake holder di Universitas Tadulako

“Untuk itu saya dan kita semua menyampaikan terima kasih kepada penyusun visi ini, semoga hari ini kita dapat menyepakati bahwa inilah yang dimaksud oleh penyusun visi ini” kata Rektor Untad di akhir pemaparannya.

 

Penulis : Riska Fitrah Sari/Humas Untad

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: No Right Klik and Copy!!