Desember 08, 2016

Pacu Dosen Raih Profesor, Dewan Profesor Adakan Workshop

Pacu Dosen Raih Profesor, Dewan Profesor Adakan Workshop

Dewan Profesor Universitas Tadulako (Untad) menyelenggarakan Workshop Langkah Bijak Percepatan Menjadi Profesor. Kegiatan itu dilaksanakan pada Senin (10/8), di Conference Hall Media Center Untad.

Rektor Untad, Prof Dr Ir Muhammad Basir SE MS., menyampaikan bahwa para dosen bergelar doktor yang telah menduduki jabatan akademik Lektor Kepala harus didorong untuk menjadi profesor. Hal itu dilakukan karena dengan semakin banyaknya profesor, Untad akan dapat melakukan banyak hal yang berkenaan langsung dengan dimensi akademik.

Prof Basir menambahkan bahwa salah satu hal yang dapat dilakukan oleh Untad dengan tersedianya profesor dalam berbagai bidang ilmu adalah pembukaan program studi S3. Saat ini sudah banyak aturan yang mensyaratkan harus ada profesor, termasuk dalam pembukaan program studi. Olehnya, jika Untad telah memiliki banyak profesor, tentu akan membuat kita mudah melangkah untuk membuka S3 dalam berbagai disiplin keilmuan, ujar Prof Basir.

Sementara itu, Ketua Dewan Profesor, Prof Dr Anhulaila M Palampanga MS., mengemukakan bahwa kegiatan itu dilaksanakan untuk memberikan stimulus dan motivasi kepada para dosen bergelar doktor agar memacu diri meraih jabatan akademik profesor. Jumlah dosen bergelar doktor saat ini, ujar Prof Anhulaila, adalah lebih 400 orang. Dari 400 orang lebih ini, harus kita dorong agar memacu diri mengurus persyaratan meraih jabatan akademik tertinggi ini, jelas Prof Anhulaila.

Prof Anhulaila juga mengharapkan, dengan dilaksanakannya workshop itu, para dosen dapat mengetahui berbagai syarat dan kelengkapan yang harus dipersiapkan. Hal itu agar ada kesiapan yang mapan dilakukan oleh para dosen. Selain itu pula, dosen dapat mengetahui berbagai upaya yang harus dilakukan untuk mengurus persyaratan profesor, seperti jurnal terakreditasi internasional, cara menghitung kredit poin, hingga berbagai kesiapan lain,jelas Prof Anhulaila.

Related posts

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *