Menuju Akreditasi Unggul, LPPMP Untad Gelar Sosialisasi Peningkatan Akreditas Program Studi

Menuju Akreditasi Unggul, LPPMP Untad Gelar Sosialisasi Peningkatan Akreditas Program Studi

Universitas sebagai wadah terkumpulnya para intelektual yang memiliki pola sikap dan aktivitas sebagai pencetak perilaku individu civitas akademika (Tridharma PT), mendorong para akademisi untuk selalu meningkatkan kualitas Prodi agar memiliki Akreditas yang Unggul.  Bertempat di Teater Room Media Center Untad, Sosialisasi Akreditas Program Studi Menuju Akreditas Unggul di gelar LPPMP pada Rabu pagi (26/04) yang di hadiri oleh Rektor, Wakil Rektor, Dekan dan para akademisi di Universitas Tadulako.

Dalam kegiatan Sosialisasi tersebut, Prof. Dr. Dirayah Rauf Husain, DEA asal Universitas Hasanuddin selaku pemateri menuturkan tentang penting nya meningkatkan akreditas Prodi yang akan memberikan manfaat untuk para alumni dalam melamar pekerjaan ataupun beasiswa di dalam dan luar negeri.

“ Salah satu yang paling berpengaruh saat mahasiswa lulus dari Prodi nya adalah Akreditas Prodi itu sendiri. Hal tersebut didasari karena banyak perusahaan, pemberi beasiswa serta instansi yang melihat kualitas alumni berdasarkan dari Akreditas Prodi yang di ambil oleh alumni prodi tersebut. Mereka akan membawa ijazah mereka kemana mana untuk mencari kerja dan sudah menjadi hal yang harus kita upayakan untuk memberikan kualitas yang baik untuk prodi kita dengan akreditas A sehingga para alumni dapat di pertimbangkan dengan baik bila melamar pekerjaan apa pun. “ Jelas Prof. Dirayah.

Beliau juga menuturkan bahwa untuk mendapatkan Akreditas A, Mutu pendidikan di lingkungan Universitas  turut mencakup aspek pelayanan administrasi, sarana prasarana, organisasi dan manajemen yang memenuhi harapan civitas akademika dan masyarakat. Pengelolaan manajemen & administrasi Prodi harus berpedoman pada aturan baku tertulis yang disepakati forum tertinggi di Prodi. Selain itu, banyak nya Dosen dengan title Doktor dan Professor dapat menjadi nilai tambah bagi prodi itu sendiri dalam aspek penilaian akreditas.

Pada kesempatan yang sama, Prof. Dr. Ir H. Abdul Makhsud, DEA asal Universitas Muslim Indonesia – Makassar selaku pemateri kedua menuturkan tentang mekanisme untuk mencapai Akreditas yang Unggul.

“ Strategi untuk mendapatkan Akreditas Prodi yang Unggul harus memenuhi syarat utama seperti ;

  • Komitmen Pimpinan (Rektor, WR, Dekan, Lembaga, KPS, Kalab)
  • Ketersediaan Buku Mutu (Kebijakan, Manual, Standar, Formulir)
  • Ketersediaan Prasarana dan Sarana (SN-Dikti dan/atau Standar Internasional)
  • Ketersediaan Dana yang memenuhi Dana Operasional Mahasiswa (DOM)
  • Kompetensi dan Keikhlasan Dosen dan Tenaga Kependidikan
  • Optimalisasi Kegiatan Tridharma Dosen dan Tenaga Kependidikan
  • Optimalisasi Kegiatan Kemahasiswaan
  • Keterlibatan/Kerjasama Alumni dan Stakeholders

Jika syarat utama tersebut di jalankan dengan optimal oleh pihak universitas secara keseluruhan, maka Akreditas A bukan lagi menjadi masalah yang sulit untuk di capai. Hal terpenting dalam menjalankan syarat utama untuk mendapatkan Akreditas A adalah keseriusan semua pihak yang di mulai dari tingkat Rektor hingga ke tingkat Pegawai Universitas.” Jelas Prof. Abdul dalam materi nya.
Dalam materi nya beliau juga menambahkan beberapa aspek penilaian yang penting untuk di persiapkan pihak prodi untuk meningkatkan nilai Akreditas nya kedepan.

“ Dari sekian banyak nya poin penilaian, beberapa aspek memiliki poin penilaian yang tinggi saat tim dikti melakukan penilaian akreditas prodi seperti ;

  • Kejelasan, kerealistisan dan keterkaitan antara visi, misi, tujuan, sasaran prodi, dan pemangku kepentingan yang terlibat.
  • Keakuratan dana penelitian tiga tahun terakhir
  • Luas ruang kerja dosen
  • Prasarana yang dipergunakan PS dalam proses pembelajaran seperti kantor, ruang kelas, ruang laboraturium, studio, ruang perpustakaan, kebun percobaan dsb.” Jelas Prof. Abdul lebih lanjut.

Pada inti nya, tolak ukur yang digunakan sebagai dasar untuk mengukur dan menetapkan mutu serta kelayakan program studi sesuai SN-PT terkait pada aktivitas Tridharma yang meliputi Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: No Right Klik and Copy!!