Mapala Santigi Fisip Untad Selenggarakan Expo Kelima

Mapala Santigi Fisip Untad Selenggarakan Expo Kelima

Mahasiswa Pencinta Alam Santigi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Tadulako pada (31/03) Jumat Pagi meengadakan Expo Mapala Santigi yang kelima. Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari di mulai pada 31 Maret hingga 2 April 2017 di Area FISIP Untad.

Dalam sambutannya, Drs. Muhammad Marzuki, M.Si selaku Wakil Dekan Kemahasiswaan FISIP memberikan apresiasi nya kepada Mapala Santigi yang telah berinisiatif untuk mengadakan Expo Mapala Santigi 2017.

“ Pemenang sesungguhnya adalah  orang yang bisa bekerjasama. Hari ini image Mapala Santigi Fisip telah berubah. Sebelumnya yang masih sering “jalan sendiri sendiri”, kini telah bisa berkolaborasi dengan lembaga mahasiswa lain nya dan hal tersebut merupakan sebuah kemajuan yang baik untuk Mapala Santigi.” Jelas Dr. Marzuki.

Beliau juga menuturkan bahwa ada 18 lembaga kemahasiswaan yang ada di Fisip seperti Kinesik, Himasos, MPM dll yang merupakan sebuah potensi dan sumber daya yang dimiliki FISIP Untad. Selain itu, Fisip juga telah banyak berbenah dan menambah fasilitas fakultas seperti lapangan olahraga dan fasilitas panjat tebing yang harus di manfaatkan oleh mahasiswa sebaik mungkin.

Pada kesempatan yang sama, Dr Muh Nur Ali M. Si selaku Dekan FISIP Untad menuturkan bahwa Mapala Santigi bisa menjadi salah satu wadah positif untuk mahasiswa dalam proses pembentukan karakter yang baik.

” Lembaga Mahasiswa bisa menjadi suatu media aktualisasi diri untuk pengembangan dasar dasar kualitas diri bagi mahasiswa. Mapala Santigi bisa di katakan sebagai aktifitas kemahasiswaan yang selaras dengan Rahmatan lil alamin karena mengajarkan diri untuk dekat dan cinta alam dengan segala isi nya. Sehingga mahasiswa jadi belajar untuk melihat segala sesuatu yang ada disekitar nya dengan definisi nya sendiri yang kemudian membentuk mahasiswa menjadi lebih berkarakter dengan baik.” Ujar Dr Nur Ali.

Salah satu Fasilitas Mahasiswa Mapala FISIP Untad

 

Selama kegiatan berlangsung, stand expo Mapala Santigi dijadikan sebuah dunia pecinta alam. Berbagai foto keindahan pegunungan, hutan dan gua-gua bersandingan dengan foto-foto kerusakan alam yang disebabkan oleh manusia. Kegiatan Expo ini memamerkan berbagai perlengkapan penjelajahan dan pendakian gunung, foto-foto lingkungan hidup, serta piala-piala penghargaan yang pernah diperoleh.

“Dalam rangka merayakan Keberadaan Mapala Santigi, maka kami menyelenggarakan acara ini dengan berbagai kegiatan seperti lomba fotografi dan pameran HMJ FISIP yang di adakan tiap tahun. Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat rasa persaudaraan dan juga sebagai ajang untuk menunjukan bahwa Mapala Santigi mampu berkreasi.” ujar Zen Awit Dwi Putra, Ketua Panitia Expo Mapala Santigi.

Dr. Hj. Ani Susanti, S.Sos, M.Si selaku Dosen Fisip sekaligus Pembina Mapala Santigi juga menuturkan apresiasi nya bahwa Mapala Santigi telah terbuka untuk bekerjasama dengan semua UKM yang ada di FISIP Untad.

“ Ini untuk pertama kali nya dalam kegiatan Mapala Santigi, mereka merangkul semua UKM yang ada FISIP. Bahkan ini untuk pertama kali nya di adakan oleh fakultas yang ada di Universitas Tadulako. Selama ini mereka jalan sendiri-sendiri, namun sekarang Mapala Santigi telah berkolaborasi bahkan telah membuka diri untuk bekerjasama dengan lembaga mahasiswa yang dulu nya kurang begitu baik hubungan nya dengan mereka. Maka kami selaku dosen sangat senang dengan kemajuan Mapala Santigi FISIP yang mau merangkul seluruh UKM yang ada di FISIP dalam kegiatan ini.” Ujar Dr Ani Susanti.

Fanny Saura selaku mahasiswa dan perwakilan dari Mapala Santigi merupakan contoh mahasiswa Mapala yang menunjukan eksistensi nya dengan prestasi.

Aksi Pendaratan Terjun Payung di Expo Mapala Santigi 2017

” Mapala Santigi telah mencetak atlet nasional mewakili Universitas Tadulako. Pada tahun 2009, saya menjadi perwakilan Untad untuk POMNAS (Pekan Olahraga Mahasiswa) di Palembang. Pada tahun 2014 menjadi perwakilan di PORPROF (Pekan Olahraga Provinsi) dengan meraih 3 medali emas, 3 medali perak dan satu perunggu. Kemudian pada tahun 2015 mengikuti pra kualifikasi PRAPOL menuju PON Nasional. Terakhir, saya pun pernah menjadi bagian di Open Turnamen di Makassar dan meraih peringkat 2.” Tutur Fanny Saura. Acara kemudian di meriahkan dengan aksi pendaratan terjun payung di acara Expo Mapala Santigi dan ditutup dengan sesi foto bersama.

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: No Right Klik and Copy!!