Desember 09, 2016

Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris dan Farmasi Wakili Untad di FIM 18

Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris dan Farmasi Wakili Untad di FIM 18

Dua orang mahasiswa Universitas Tadulako (Untad) lolos di Forum Indonesia Muda 18. Keduanya yakni Adi Nur Alim (Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris) dan Retno Budiasih (Mahasiswi Farmasi) yang digelar di Ibu Kota, Jakarta. Kegiatan tersebut, berlangsung selama 4 hari, terhitung mulai tanggal 17 Mei s.d. 20 Mei 2016 yang berlokasi di PP Pon Cibubur.

Keduanya berhasil lolos setelah mengikuti seleksi dari 9800 orang. Mereka mengaku senang bisa lolos bersama 165 peserta berprestasi lainnya yang berasal dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dari berbagai daerah di Indonesia.

“Seleksi untuk menjadi peserta FIM 18 kali ini sangat ketat. Selain seleksi berkas yang mengharuskan kita membuat essay tentang rencana program atau proyek yang akan dilaksanakan pasca sesudah mengikuti FIM, ada juga seleksi wawancara yang baru diadakan tahun ini. mengingat tahun-tahun sebelumnya seleksi di FIM sangat ketat, dengan ditambahnya seleksi wawancara pastinya seleksi tahun ini lebih ketat lagi,” ujar Adi.

Forum Indonesia Muda (FIM) merupakan sebuah forum independen yang beranggotakan pemuda dan mahasiswa dari berbagai aktivitas, universitas maupun lembaga kepemudaan, dari seluruh Indonesia; dengan cita-cita bersama membangun bangsa dengan semangat kontribusi bersama. Forum ini dibuat sebagai sarana peningkatan kompetensi pemuda dan mahasiswa dalam rangka menyiapkan pemimpin masa depan dan wadah silaturahmi untuk membangun kontribusi bersama.

FIM pada tahun ini bekerja sama dengan Bukalapak, situs jual-beli online nomor 1 di Indonesia. keduanya berinisiatif mengadakan pelatihan character building & leadership lifeskill bertemakan “Koneksi Selaras Aksi”.

Dalam materinya, CEO Bukalapak Achmad Zaky mengatakan bahwa melalui pelatihan BLFIM ini, diharapkan semangat pergerakan FIM yang direpresentasikan sebagai kumpulan strategis anak muda terbesar di Indonesia. Ditunjukan dengan berbagai aktivitas dan bara pergerakan di level bawah.

“Di sisi lain Bukalapak sebagai marketplace terbesar di Indonesia dan sebagai representasi karya anak muda. FIM dan Bukalapak berkolaborasi dalam kegiatan BLFIM untuk membekali pemuda agar mampu memberikan kontribusi langsung bagi masyarakat disekitarnya, dan pada akhirnya ikut mencapai Indonesia yang lebih baik, mandiri dan sejahtera dengan karya.

Sekembali dari Jakarta, Adi dan Retno mengungkapkan ada kebanggaan tersendiri ketika terpilih menjadi bagian dari mahasiswa yang beruntung ikut serta pada event nasional yang menghadirkan sosok hebat seperti Ir. Joko Widodo (Presiden Indonesia), Ridwan Kamil (Walikota Bandung), Triawan Munaf (Mantan musisi, pengusaha dan politisi Indonesia),  Achmad Zaky (CEO Bukalapak), Ainun Najib (Inisiator KawalPemilu.Org), Nadiem Makarim (CEO Go-Jek), Irzan Raditya (CEO YesBoss), Willix Halim (SVP of Growth freelancer.com) dan masih banyak lagi.

Related posts

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *