November 20, 2017

LPPM Untad Gelar Sosialisasi Sistem Pengelolaan Kerjasama Bersama Berbagai Instansi

LPPM Untad Gelar Sosialisasi Sistem Pengelolaan Kerjasama Bersama Berbagai Instansi

Dalam rangka mensosialisasikan Peraturan Presiden Nomor 54 dan Perubahannya tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, LPPM Untad menggelar sosialisasi Sistem Pengelolaan Kerjasama Dengan Instansi/pihak lainnya pada Senin (15/10) Pagi bertempat di Ruang Senat Rektorat Lama.

Ir. Donny M. Mangitung M.Sc., Ph.D selaku Ketua LPPM menuturkan dalam materi nya mengenai tujuan di adakannya sosialisasi terkait Sistem Pengelolaan Kerjasama.

“ Tujuan umum di laksanakannya sosialisasi ini agar para peserta sosialisasi mampu memahami pelaksanaan Barang/Jasa dengan cara swakelola. Selain itu, peserta di harapkan memahami ketentuan umum pengadaan barang/jasa, tata cara pelaksanaan swakelola, memahami tatacara pelaporan, pengawasan & pertanggung jawaban dalam proses swakelola serta memahami perbedaan prinsip perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan swakelola yang di laksanakan Kementerian vs di laksanakan kelompok masyarakat dengan latihan kelompok.” Jelas Ir. Donny.

Beliau turut memaparkan bahwa Kegiatan Swakelola adalah kegiatan pengadaan Barang dan Jasa di mana pekerjaannya di rencanakan, di kerjakan, dan/atau di awasi sendiri oleh K/L/D/I sebagai penanggung jawab anggaran, instansi pemerintah lain, dan/atau kelompok masyarakat sesuai Pasal 26 Ayat 1.

Untuk mekanisme pelaksaan Kerjasama dan Swakelola LPPM Untad, Mitra mulai dengan menyurat ke LPPM untuk tawaran kerjasama kemudian LPPM menyurat ke Pusat/Fakultas sesuai tawaran kerjasama dan Rektor menerbitkan SK Pelaksanaan Kegiatan Swakelola. Setelah mempelajari RAB dan KAK, tim kemudian di bentuk dengan di buat nya berita acara, kemudian melaksanakan Kontrak dengan Mitra, membuat laporan pendahuluan, menerima dan mempelajari laporan dan melakukan pencairan, kemudian menyurat ke LPPM bahwa telah mencairkan dana dan telah menerima laporan dengan baik.

Setelah itu melakukan verifikasi kelengkapan Administrasi, memeriksa kelengkapan berkas, membuat surat permohonan pencairan dana pinjaman, melakukan transfer ke rekening LPPM, Melakukan transfer ke Rekening Ketua Pelaksanaan dan membuat pelaporan keuangan yang di setor ke LPPM.

Acara sosialisasi di hadiri oleh Koordinator Prodi serta Ketua dan Sekretaris Jurusan se Universitas Tadulako.

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: No Right Klik and Copy!!